(021) 294-61-292 info@daftartour.com

Saat berniat liburan ke pulau seribu, DKI Jakarta kerap kali orang kebingungan memilih pulau yang mana mengingat banyak sekali pilihan pulau wisata di kawasan tersebut. Walaupun banyak yang mengira bahwa tipe liburan yang ada di Kepulauan Seribu adalah sama, terutama bagi mereka yang belum pernah menginjakkan kaki di tempat itu, faktanya setiap pulau mempunyai pesona unik yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Hal ini tentu saja akan memberikan pengalaman liburan yang mengesankan bagi setiap orang. Nah, ulasan berikut mungkin bisa membantu Anda mendapatkan referensi liburan terbaik.

Paket Wisata Pulau seribu

Tour Pulau Seribu 1 Hari

Tour Pulau Seribu 2 Hari 1 Malam

Tour Pulau Seribu 3 hari 2 Malam

Wisata bahari di Indonesia berkembang sangat pesat. Salah satu yang menjadi destinasi pilihan adalah Pulau Seribu. Keindahan alam, kemudahan moda transportasi, penginapan nyaman, dan berbagai fasilitas pendukungnya sudah memadai. Sehingga tidak ada lagi yang merintangi keinginan setiap orang untuk berlibur di pulau cantik ini, termasuk Anda!

Mengenal Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu adalah sebuah kabupaten yang secara administratif termasuk kawasan Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Tidak semua pulau berpenghuni, karena itu tidak semua pula bisa dikunjungi oleh wisatawan. Sebagian pulau dikelola secara swadaya oleh warga setempat. Namun, ada pula pulau yang dikelola oleh swasta atau perorangan.

Objek wisata yang dikelola oleh masyarakat, antara lain Pulau Untung Jawa, Pulau Kelapa, Pulau Pramuka, Pulau Pari, dan Pulau Tidung. Sedangkan yang dikelola oleh pihak swasta, seperti Pulau Macan, Pulau Pelangi, Pulau Pantara, Pulau Sepa, Pulau Putri, Pulau Bidadari, dan Pulau Anyer.

Fasilitas Pulau Seribu

Kepulauan yang pengelolaannya oeh swasta dilengkapi dengan fasilitas standar resort atau hotel mewah seperti watersport, restauran, penginapan berupa cottage, dan sebagainya. Pulau-pulau yang dikelolanya ini memang tidak berpenghuni. Jadi khusus ditujukan untuk para wisatawan.

Nah, bagi yang mengunjungi pulau yang dikelola warga setempat tetap bisa menginap di homestay. Namun tentunya fasilitas yang disediakan tidak terlalu mewah dan lengkap. Tetapi memiliki kelebihan dengan kebutuhan budget yang lebih rendah, bila berlibur ke pulau tersebut.

Kenapa Kepulauan Seribu Sangat Cocok untuk Liburan Anda?

Kepulauan Seribu adalah destinasi wisata yang tidak pernah surut peminatnya. Wajar saja selalu ramai dikunjungi wisatawan, apalagi saat akhir pekan dan masa liburan. Apa saja yang menjadi kelebihan objek wisata ini, sehingga sangat layak menjadi tujuan liburan Anda dan keluarga?

  • Lokasi dekat dengan Jakarta. Kepulauan Seribu adalah kawasan pelestarian alam bahari. Pengembangan dan pelestarian alamnya senantiasa diperhatikan. Sehingga keindahan alamnya tetap terjaga, dan dapat dinikmati sepanjang masa. Lokasinya yang berdekatan dengan Ibukota, menjadikan Anda tidak sulit menemukannya.

  • Akses yang mudah dan cepat. Anda tidak harus menghabiskan waktu lama dalam perjalanan. Karena akses transportasinya sudah tersedia, yang siap mengantarkan wisatawan ke lokasi favoritnya. Anda bisa moda transportasi laut atau udara.

  • Akomodasi memadai. Bila Anda ingin bermalam sudah tersedia banyak homestay, dan juga resort mewah. Harga yang ditawarkan tetap terjangkau mulai ratusan ribu rupiah saja.

  • Banyak aktivitas wisata. Anda bisa melakukan kegiatan, seperti water sport, island and beach hoping, diving, snorkeling, atau sekadar jalan-jalan sambil menikmati keindahan alamnya. Keindahan panorama matahari terbit dan tenggelam di Kepulauan Seribu juga sangat mempesona. Jadi jangan pernah melewatinya.

  • Menikmati kuliner olahan hasil laut. Anda bisa menikmati banyak sajian dengan bahan dasar hasil tangkapan laut. Seperti udang, cumi, aneka jenis ikan, dan sebagainya. Sate odol adalah kuliner khas, yang wajib dicicipi. Olahan ikan tongkol dan bumbu istimewa ini dibungkus memakai daun pisang. Jangan khawatir dengan harga makanan dan minuman yang ditawarkan. Tetap terjangkau bagi semua wisatawan

  • Biaya minimalis. Wisata Pulau Seribu tidak akan menguras kantong Anda. Karena kebutuhan anggarannya tidaklah terlalu besar. Hanya dengan ratusan ribu rupiah per orang, Anda sudah puas menikmati keindahan pulau ini. Kalau Anda ingin lebih hemat, sangat disarankan untuk membeli paket perjalanan ke pulau ini.

Beberapa Pulau Favorit di Kepulauan Seribu

Panorama alam Kepulauan Seribu memang sangat istimewa. Lokasinya yang dekat dengan ibukota, memudahkan wisatawan untuk menjangkaunya. Semakin lengkap fasilitas yang diberikan, semakin menambah kenyamanan saat berwisata. Nah, apa saja pulau favorit wisatawan yang pastinya juga layak dijadikan destinasi liburan Anda dan keluarga?

  • Pulau Tidung. Bisa dikatakan pulau ini yang paling populer. Sehingga jumlah kunjungannya lebih tinggi, dibandingkan dengan pulau lainnya. Jembatan Cinta adalah spot yang paling dicari wisatawan. Panjangnya hanya 800 meter, yang menghubungkan Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar. Terjun dari ketinggian hingga enam meter adalah aktivitas menantang di sana. Anda juga bisa merasakan keseruan berperahu kano, menyelam, dan snorkeling.

  • Pulau Untung Jawa. Pulau berpenghuni ini berdekatan dengan Taman Impian Jaya Ancol. Warganya dikenal sangat ramah, sehingga membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di pulau ini. Anda bisa menyewa sepeda dan jetsky untuk mengelilingi pulau ini. Aktivitas diving, snorkeling, dan bermain banana boat juga bisa dilakukan. Menginap di homestay juga jadi alternatif kalau ingin bermalam.

  • Pulau Semak Daun. Bagi Anda yang ingin menikmati suasana pulau tak berpenghuni, Semak Daun menjadi salah satu pilihannya. Bentang pasir yang luas, alam bawah laut yang cantik, dan panorama indah lainnya siap memanjakan Anda. Fasilitas penginapan tidak ditemukan di pulau ini. Tetapi justru inilah yang menjadi keistimewaannya.

  • Pulau Bira. Perjalanan menuju pulau ini memang terbilang panjang. Tetapi segala kelelahan akan terbayar dengan keindahan yang sangat menawan. Keindahan sunrise dan sunset di pulau ini jadi buruan banyak wisatawan. Tersedia sejumlah cottage dan rumah kayu, sehingga bisa menjadi penginapan yang unik.

  • Pulau Pramuka. Kunjungan wisatawan ke pulau ini juga sangat besar, sama dengan Pulau Tidung. Anda tidak hanya akan menikmati panorama lautan saja. Tapi juga bisa melihat langsung penangkaran penyu sisik. Karena sudah berpenghuni, maka pondok bersantai, penginapan, tempat penyewaan alat selam, alat snorkeling, dan sebagainya mudah ditemukan.

  • Pulau Harapan. Keindahan terumbu karangnya sangat terkenal. Elang Bondol adalah hewan langka yang bisa Anda lihat langsung. Karena sudah dibangun penangkaran hewan yang nyaris punah itu. Bagi yang hobi snorkeling atau menyelam bisa menikmati panorama bawah alam yang sangat cantik.

  • Pulau Ayer. Anda serasa sedang berada di Maladewa. Sangat banyak cottage cantik didirikan di atas lautan. Bangunan tradisionalnya mengusung gaya etnik Papua. Karena keindahan yang tiada duanya itu, banyak wisatawan rela mengantri demi bisa berlibur ke pulau ini. Sebab sebelumnya wisatawan harus reservasi cottage terlebih dahulu.

  • Pulau Bidadari. Lokasinya paling dengan kawasan Kota Jakarta. Sehingga saat berada di pulau ini, wisatawan bisa melihat pemandangan gedung-gedung pencakar langit. Aktivitas di pulau ini adalah menyusuri pantai, snorkeling, diving atau sekadar bersantai di tepian pantai. Konon, dulu Pangeran Jayakarta suka berlibur ke pulau ini, karena keindahannya yang sangat memikat.

  • Pulau Onrust. Pulau ini kental dengan nilai sejarah. Kawasan ini adalah persinggahan kapal-kapal Belanda. Sehingga sangat banyak bangunan kuno khas Eropa di pulau ini. Anda bisa mengunjungi Museum Pulau Onrust untuk memahami riwayatnya.

Cara Terbaik Berlibur ke Pulau Seribu

Masih sangat banyak pulau-pulau cantik yang bisa dikunjungi wisatawan. Setiap pulau memiliki keunikannya tersendiri. Sebagai rekomendasi agar lebih aman, nyaman dan efisien waktunya, lebih baik Anda membeli Paket Pulau Seribu. Jadi Anda tidak perlu repot lagi memikirkan kebutuhan transportasi, akomodasi, konsumsi, dan sebagainya.

Sekilas tentang pulau-pulau resort terbaik di Kepulauan Seribu

Pulau pertama yang dapat menjadi rekomendasi Anda adalah Pulau Ayer dan Pulau Bidadari adalah yang kedua dengan jarak tempuh antara keduanya sekitar 25 menit. Keduanya mempunyai keunggulan yang hampir sama, yaitu cocok untuk menggelar acara yang besar seperti gathering kantor dengan daya tamping sekitar 200 hingga 300 orang. Terlebih lagi kedua pulau tersebut juga mempunyai fasilitas yang cukup memadai.

Pulau Ayer bahkan mengingatkan kita akan Maladewa yang khas dengan akomodasi unik yang dibangun di atas laut, yaitu pondok-pondok terapung (floating cottage) yang sangat keren. Pondok-pondok tersebut uniknya dibangun dengan corak etnik Papua bahkan hingga ke penamaannya, seperti enarotali, Ohsibi, Ransiki, Fak-Fak, dan Serui. Sementara di Pulau Bidadari Anda dapat mengunjungi sebuah peninggalan sejarah yang merupakan puing-puing bangunan berupa lingkaran berbentuk benteng dengan diameter mencapai 23 m. Dahulu benteng tersebut dinamakan Martello.

Berikutnya ada pulau Pulau Putri, Pulau Pelangi, Pulau Macan, dan Pulau Sepa

Letak pulau-pulau resort di atas memang cukup jauh dari dermaga Marina Ancol. Dibutuhkan waktu sekitar 90 menit untuk mencapai deretan pulau yang bertetangga ini.

Pulau Putri dapat dikatakan menyediakan fasilitas liburan yang paling komplit, yaitu Mini Seaworld di kawasan dermaga (Tunnel Aquarium), kapal selam dengan bagian bawah berupa panel-panel kaca (Glass Bottom Boat), water slider sea atau seluncuran untuk wisatawan yang langsung terhubung dengan lautan, kolam renang, dan lain-lain. Selain bermain-main di sekitar pantai Anda juga dapat mengikuti tour sunset cruise yaitu berlayar dengan kapal pesiar untuk  menyaksikan matahari terbenam yang indah. Jangan lupa mengabadikan momen ini.

Kalau sudah lelah dan ingin mengisi perut dengan kuliner khas yang lezat, Anda bisa mencoba sensasi bersantap di floating restaurant. Tapi di sekitar pantai juga tersedia restaurant yang menyediakan menu makanan pada umumnya serta hidangan laut. Bagi yang ingin menantang keberanian, cobalah watersport seperti sofa boat, banana boat, atau snorkeling dan diving.  Untuk aktivitas yang terakhir ini tentu saja Anda harus mempunyai keahlian khusus.

Peralatan snorkeling  atau diving tak perlu repot-repot membawa sendiri dari rumah karena Anda dapat menyewanya di Dive Shop sekitar pantai. Pulau Putri menyediakan 69 cottage sebagai akomodasi wisatawan dengan dua tipe, yaitu Permanent Cottage yang disebut fish/sky dan Semi Permanent Cottage yang dinamakan Griya Bali. Keseluruhan cottage ini mempunyai pemandangan laut yang indah.

Pulau Sepa adalah pulau yang istimewa dengan tampilan pantainya yang dihampari pasir putih nan lembut. Walaupun ukurannya lebih kecil dibandingkan Pulau Putri tapi  dari segi panorama pulau ini tidak  kalah cantik. Aktivitas wisata yang digemari pelancong di tempat ini adalah mandi matahari serta bersantai untuk melupakan berbagai kesibukan yang memicu stress dengan memandangi ombak kecil yang susul-menyusul. Pulau Sepa juga menyimpan spot-spot snorkeling dan diving yang masih terlihat alami dengan puluhan jenis terumbu karangnya.

Pulau Macan merupakan resort yang cukup unik dengan  konsep yang sedikit berbeda dibandingkan pulau resort lainnya. Inilah obyek wisata yang  tepat bagi Anda para pecinta alam dan berniat berlibur dengan nuansa alam yang kental namun tetap nyaman. Perlu diketahui bahwa seluruh cottage yang ada di pulau ini tak dilengkapi pendingin ruangan dan kamar mandi dalam. Seluruh kamar mandi berada di luar cottage sehingga Anda bisa merasakan sensasi membersihkan  tubuh di luar ruangan yang pastinya seru.

Pengelola resort ini membatasi jumlah pengunjung per hari-nya demi menjaga ketenangan para wisatawan yang ingin datang ke tempat ini untuk menyepi. Inilah sebabnya Anda harus melakukan reservasi sejak jauh-jauh hari. Untuk menghabiskan waktu liburan di tempat ini Anda memang harus merogoh kocek lebih dalam dibandingkan dengan pulau-pulau komersil lainnya, yaitu sekitar 2 jutaan per orang. Fasilitas yang tersedia seperti snorkeling canoe atau watersport lainnya boleh digunakan sesuka hati secara gratis oleh pengunjung resort tersebut.

Pulau resort keenam yang direkomendasikan untuk Anda adalah  Pulau Pelangi yang mempunyai kondisi geografis unik karena menjadi satu-satunya pulau yang mempunyai cadangan air tawar. Di tempat ini pengunjung dapat memancing ikan atau cumi-cumi serta snorkeling. Tak perlu berlayar terlalu jauh karena spot-spot snorkeling paling indah justru terletak di sekitar dermaga pulau. Selain dianugerahi pemandangan yang sangat indah dan asri, resort ini juga menyediakan fasilitas lengkap demi kenyamanan liburan Anda.

Pulau berikutnya adalah Pulau Pantara yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Dermaga Marina Ancol dan dapat dicapai dengan naik boat selama 1-2 jam. Pulau ini mempunyai area pantai yang terluas dibandingkan pulau-pulau resort lainnya. Hampir seluruh cottage yang dibangun di Pulau Pantara mempunyai pemandangan laut yang indah.

 

Liburan di Kepulauan Seribu ngapain aja?

Ada beragam aktivitas yang bisa Anda lakukan saat liburan ke kawasan Kepulauan Seribu, yaitu:

  1. Snorkeling – Diving dan snorkeling menjadi aktivitas liburan wajib yang harus dicoba. Beberapa spot snorkeling dan diving yang cukup populer adalah Pulau Semak Daun, Pulau Kayu, Pulau Gosong Perak, Pulau Angin Genteng, serta Pulau Patondan Timur.
  2. Memancing –  Para penghobby memancing tak boleh melewatkan kesempatan untuk berburu  ikan skipjack tuna, trevally, grouper, red snapper, serta tenggiri. Waktu paling tepat untuk memancing adalah di bulan Maret sampai September.
  3. Berselfie dengan ikan hiu – Di sekitar Pulau Pramuka ada penangkaran ikan hiu yang bahkan dapat diajak berenang bersama atau diberi makan oleh pengunjung. Jangan lupa untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk pemandu.
  4. Wisata edukasi – Kepulauan Seribu juga merupakan tempat yang tepat untuk berwisata edukasi dengan mendatangi konservasi penyu sisik untuk menyelamatkan hewan eksotis tersebut dari kepunahan. Penangkaran satwa langka tersebut berada di Pulau Semak Daun, Pulau Pramuka, serta di Pulau Kelapa Dua.
  5. Pulau Kotok – Yang istimewa dari pulau ini adalah merupakan habitat dari burung elang bondol, mascot ibukota DKI Jakarta. Elang Bondol juga hewan yang terancam kepunahan sehingga sangat jarang terlihat lagi.
  6. Menelusuri jejak sejarah – Luangkan waktu untuk menambah wawasan sekaligus liburan dengan island hoping ke Pulau Onrust, Cipir, dan kelor untuk menelusuri jejak sejarah dengan mengunjungi benteng-benteng tua serta meriam peninggalan masa kolonialisme. Beberapa lokasi sangat cocok menjadi latar foto untuk memberikan kesan kuno dan klasik.