(021) 294-61-292 info@daftartour.com

Mungkin beberapa tahun yang lalu, Vietnam kurang diperhitungkan di mata dunia dan mungkin sebagian dari Anda bingung apa yang harus dilakukan jika berada di negara itu. Padahal alamnya tidak jauh beda dengan Indonesia karena di wilayah utara, begitu banyak hamparan sawah yang hijau. Namun tentu ada pula wisata Vietnam yang sarat akan sejarah dan budaya seperti delta sungai Mekong dan juga kota paling bersejarah Ho Chi Min City serta kuliner.

Wisata Vietnam Dipengaruhi Percampuran Budaya Semasa Perang

Beberapa tahun ini, Vietnam diperhitungkan di mata dunia dan mulai banyak wisatawan yang berkunjung baik itu asing maupun turis Indonesia. Dengan adanya kecanggihan teknologi, para vlogger mulai memperlihatkan sisi lain dari wisata Vietnam yang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Selain itu, kulinernya yang mendunia seperti Pho juga sedang naik daun dan banyak sekali wisatawan yang ingin mencicipi makanan tersebut yang langsung dibuat oleh tangan para ahlinya.

tour vietnam

Perkembangan pariwisata di negara ini tak lain dan tak bukan adalah karena campur tangan dari pemerintahnya dari segi revitalisasi wisata sehingga tak heran negara itu sekarang dipertimbangkan dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Asia Tenggara karena keeksotisannya. Bahkan infrastruktunya pun sekarang menjadi sangat luar biasa sehingga perekonomian negara ini akhirnya berkembang dengan pesat dan makin banyak orang yang mulai kreatif dalam memikirkan idenya.

Negara ini sebenarnya merupakan negara yang dijajah untuk waktu yang begitu lama. Pada zaman kerajaan, dinasti China menjajah negara ini hingga kurang lebih 1000 tahun. Bahkan masih harus melawan lagi adanya imperialisme dari berbagai negara asing lain seperti Amerika Serikat, Jepang dan perancis. Bila dilihat dari segi budayanya, maka negara ini merupakan rumah dari berbagai etnis seperti Khmer, Thai dan Cina dengan berbagai macam agama mulai dari Katolik Roma, Hoa Hao, Caodaisme dan Buddha.

Apa Saja Wisata Vietnam yang Sarat Akan Budaya dan Sejarah

Setelah mengetahui latar belakang yang cukup kompleks seperti itu, maka tak heran jika sekarang wisata Vietnam sangat disukai mulai dari pantainya, sejarah, budaya, petualangan, alam dan sebagainya. Namun ada beberapa tempat yang memang wajib kunjung bahkan belum ke Vietnam rasanya jika masih tidak mengunjunginya sebagai berikut:

Hoi An

Ini merupakan sebuah kota tua yang sungguh menakjubkan karena sarat akan sejarah yang panjang sebab ini merupakan sebuah kota pelabuhan perdagangan yang dijadikan sebagai penghubung antara Asia dan Eropa selama 17 abad lamanya meskipun kini kota perdagangan itu tak lagi dipusatkan di Hoi An. Namun meskipun tidak lagi aktif seperti dulu, tempat ini merupakan incaran bagi para wisatawan yang senang melihat bangunan kuno dan klasik namun masih tetap terjaga dengan baik untuk foto-foto.

wisata saigon

Banyak sekali bangunan unik yang dapat dinikmati selama Anda menelusuri kota ini seperti bangunan yang didirikan oleh Jepang dan Cina hingga kanal Perancis. Semuanya itu meskipun termakan oleh usia, namun bangunannya sudah canggih, modern, atraktif dan juga kokoh. Ini dikarenakan UNESCO sudah memasukkan Hoi An ini sebagai salah satu Situs Warisan Dunia sejak tahun 1999 sehingga ini merupakan situs saksi sejarah yang tidak boleh Anda lewatkan sama sekali.

War Remnants Museum

Museum merupakan salah satu bangunan bersejarah yang harus Anda kunjungi di Vietnam jika Anda ingin mengetahui semua tentang negara ini. Sebelum bernama War Remnants, museum ini memiliki nama Museum of Chinese and American War Crimes dan sangat terkenal di kalangan turis barat sebab memang terdapat bukti atas kebrutalan di masa perang yang dengan berani disuguhkan di dalam museum ini dengan baik. Fokus yang diberikan di dalam museum ini adalah dokumentasi tentang adanya kekejaman ketika masa perang.

liburan ke vietnam

Hanya saja, sebenarnya orang barat memang sangat jarang atau tidak pernah mendengarnya secara langsung dari banyak korban serangan militer Amerika Serikat dan mereka menceritakannya sendiri. Namun tak hanya dokumentasi dari kekejaman pihak barat saja yang ditampilkan di tempat ini melainkan semua fasilitas dan juga kendaraan yang digunakan ketika perang jaman dulu juga ditunjukkan seperti kendaraan dengan lapis baja, artileri, bom, infanteri dan sebagainya.

Terdapat pula temuan artifak di dalam tempat ini bahkan secara langsung dipamerkan kepada pengunjungnya namun yang paling ikonik adalah perlengkapan perang milik bangsa Perancis yang dikenal dengan kandang harimau yang tidak memiliki rasa perikemanusiaan karena ini merupakan tempat untuk memenjarakan komunis Vietnam. Di lantai atas dari museum ini, masih ada Pameran Requiem dan memang diatur dengan baik oleh seorang fotografer terkenal pada perang dan sangat legendaris yaitu Tim Page.

Bahkan foto yang merupakan koleksi ini sebenarnya berasal dari kamera para fotografer yang tewas terbunuh selama masa perang ataupun ketika konflik. Meskipun sarat akan sejarah, namun memasuki museum ini sangat murah dan buka sejak pagi hingga siang untuk kemudian buka lagi dari sore hingga petang.

Wisata Vietnam yang Cocok Untuk Pecinta Alam

Selain wisata Vietnam yang penuh dengan sejarah maupun budaya, sudah pasti wisata alam merupakan salah satu fokus para wisatawan yang datang ke negara ini dan tentu saja, seperti yang dikatakan diawal sebelumnya, ada banyak hamparan alam yang bisa Anda kunjungi antara lain:

Ha Long Bay

Satu lagi situs yang menjadi warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 1994 adalah Ha Long Bay yang juga dikenal dengan nama Mystic Bay. Ini merupakan destinasi alam yang sangat terkenal dan letaknya berada di provinsi Quang Ninh. Apa yang menjadikan tempat ini bisa menjadi situs warisan dunia? Ini karena Ha Long bay memiliki pesona air laut bersih dengan warna hijau toska ditambah terdapat ribuan karst dengan pulau batu kapur yang sudah menjulang begitu tinggi dengan dikelilingi oleh kapal pesiar.

wisata hanoi

Mengapa wilayah ini dikenal sebagai mystic bay? Ini dikarenakan pagi hari, tempat ini akan diselubungi dengan kabut tebal sehingga terlihat misterius. Total dari pulau batu kapur yang ada di wilayah ini adalah 1600 dengan ukiran dan bentuk indah yang bukan merupakan buatan dari manusia melainkan murni karena fenomena alam. Sebagian besar dari pulau yang ada disana tertutup oleh hutan rindang. Bahkan sebagian pulau juga memiliki gua dan danau sendiri. Cobalah juga untuk singgah di pulau yang bernama Ti Top.

Pulau ini dikenal memiliki pasir yang warnanya kuning dengan pemandangan spektakuler yang menghadap Pulau Bo Hon dan di sebelah kanan terdapat Pulau Dam Nam. Ini merupakan tempat yang mampu menarik banyak perhatian dunia sehingga pemerintah setempat pun sedang sangat gencar untuk dapat menanam investasi demi perkembangan dan perlindungan Ha Long Bay ini. Hasilnya, sudah mulai banyak ditemukan hotel mewah bahkan resort ditambah juga dengan berbagai wahana atraksi yang lain.

Bahkan banyak pula yang menilai jika Ha Long Bay ini disebut sebagai Marina Bay dari Vietnam. Jaraknya dari Hanoi yang merupakan pusat kota dari Vietnam adalah 170km dan dengan transportasi darat, kurang lebih 3 jam untuk sampai kesana. Namun, sekarang sudah banyak paket tour yang terdapat di Old Quarter, Hanoi yang menawarkan wisata menuju Ha Long bay bahkan dengan menginap di kapal pesiar.

Sa Pa Terraces

Apakah Anda pernah tahu tentang Tegalalang Rice Fields yang terdapat di Bali? Vietnam pun memilikinya. Sa Pa ini sebenarnya merupakan nama kota yang letaknya sangat dekat sekali dengan perbatasan negara Cina. Bagi Anda yang menyukai wisata alam, wajib untyk mengunjunginya karena di tempat ini, Anda akan melihat hamparan sawah yang hijau tertata dengan sangat rapi. Lokasinya berada di lembah Muong Hoa dan ini memang merupakan hamparan sawah dengan terasering yang memiliki dominan warna hijau.

liburan vietnam 2019

Bukan hanya terasering saja yang akan Anda lihat melainkan terdapat pula hutan bambu yang begitu lebat menjadi background dari tempat ini yang lokasinya sendiri berada diantara Sa Pa dan gunung Fansipan. Anda bisa melakukan trekking yang seru bahkan sekaligus juga belajar tentang berbagai macam budaya yang ditawarkan disini yaitu tentang kelompok etnis yang disebut Hmong. Ini merupakan tempat etnis tersebut tinggal.

Tempat Wisata Vietnam yang Termasuk Situs Warisan Dunia Unesco

Mungkin banyak dari Anda yang ingin sekali mengunjungi berbagai tempat wisata Vietnam yang menjadi situs warisan dunia dari UNESCO dan inilah beberapa diantaranya yaitu:

Hue the Imperial City

Situs warisan dunia UNIESCO di Vietnam merupakan sebuah kompleks monumen Hue yang lokasinya berada di kota dengan nama sama yaitu Hue atau Vietnam di bagian tengah. Sebelumnya, Hue ini merupakan ibukota Vietnam oleh raja pertama Dinasti Nguyen yang bernama Gia Long pada tahun 1802. Hue cukup lama menjadi ibukota dari negara ini hingga tahun 1945. Kompleks bersejarah ini menunjukkan berbagai macam reruntuhan dan juga monumen seperti Forbidden Purple City.

Tour Vietnam 2019

Ini merupakan bekas dari kediaman yang pernah dihuni oleh keluarga kerajaan dan sudah rusak parah selama perang di Vietnam, ada pula museum, perpustakaan, kuil, pagoda, menara bendera, makam kerajaan dan juga Imperial City. Lokasi dari Imperial City ini adalah di dekat Sungai Huong atau Sungai Perfume dan bisa dicapai sekitar 3 jam dari Da Nang. Dari banyaknya monumen yang sangat mengesankan dari bekas ibukota ini adalah Ngo Mon Gate yang berasal dari Imperial City.

Ini pernah digunakan secara eksklusif oleh keluarga kerajaan termasuk juga para kasim pelayan mereka, makam dari Kaisar Tu Duc dan Kaisar Minh Mang. Begitu banyak monumen berdiri mengelilingi bangunan ini yang sudah ada sejak abad ke-19 dan sangat mirip dengan beijing’s Forbidden City. Bagian dindingnya mengeliling benteng dengan tinggi mencapai 6m dan panjangnya adalah 2,5km.

Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang

Jangan berpikir bahwa ini merupakan taman nasional biasa sebab UNESCO telah memasukkannya sebagai salah satu situs warisan dunia dan lokasinya berada di provinsi Quang Binh. Di dalamnya ada hasil pengembangan dari kulit kerak bumi selama lebih dari 464 juta tahun lalu dan sudah membentuk formasi berupa karst yang besar dan tertua di seluruh Asia. Taman ini pun memiliki sekitar 2,000km persegi luas  zona kapur ditambah gua yang begitu mengesankan dengan panjangnya yang bisa mencapai 70km.

wisata saigon 2019

 

Gua yang terbesar di seluruh dunia adalah hang Song Dong Cave dan tempat ini juga merupakan ekosistem yang sangat penting di wilayah Indo-Pasifik sebab mereka menawarkan begitu banyak fitur geomorfik yang sungguh mengesankan seperti gua bertingkat, gua kering hingga sungai dibawah tanah.

Apakah Anda tertarik untuk berlibur ke tempat wisata Vietnam yang bukan hanya indah namun memiliki sejarah panjang dan tua di seluruh dunia? Jika iya, maka persiapkan semuanya dengan baik.

 

tour ke vietnam

tour vietnam 4 hari 3 malam

tour vietnam kamboja murah

city tour of saigon

city tour saigon vietnam

day tour from saigon

day tour of saigon

food tour in saigon

free tour guide saigon

tour vietnam kamboja murah

boat tour saigon river

tour vietnam kamboja