(021) 294-61-292 info@daftartour.com

Aktivitas Seru di Pulau Tidung Untuk Liburan yang Menyenangkan

Kepulauan Seribu memiliki banyak gugusan pulau salah satunya adalah Pulau Tidung. Pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di wilayah tersebut sehingga selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama saat musim liburan tiba. Ada banyak aktivitas seru yang bisa anda lakukan di pulau tersebut.

Kepulauan Seribu merupakan salah satu wilayah yang masih masuk dalam daerah territorial daerah Kota Jakarta. Walaupu letaknya yang tidak jauh dari Kota Jakarta, akan tetapi wilayah ini masih memiliki keindahan alam terutama keindahan pantai dan bawah laut yang luar biasa. Hal inilah yang membuat Kepulauan Seribu dan berbagai pulau lain disekitarnya menjadi destinasi wisata favorit warga Jakarta dan sekitarnya.

Pulau Tidung merupakan salah satu wilayah di Kepulauan Seribu yang ditempati cukup banyak penduduk. Walaupun sebagai pulau hunian, pulau ini tetap populer sebagai destinasi wisata karena penduduk setempat yang ramah dan fasilitas wisata sudah banyak tersedia. Jadi jika anda berlibur di tempat tersebut, tidak perlu khawatir untuk mencari tempat menginap atau tempat makan yang menarik.

Untuk bisa ke pulau ini, anda harus menyeberang terlebi dahulu dari pelabuhan penyeberangan Muara Angke menggunakan Kapal Feri atau speedboat. Waktu tempuh yang diperlukan untuk sampai tempat ini kurang lebih 3 sampai 4 jam. Namun jika menggunakan speedboat waktu tempuh bisa menjadi lebih singkat.

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit, ada banyak aktivitas seru yang bisa anda lakukan di Pulau ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

Menikmati Panorama dari Jembatan Cinta

Di pulau ini, ada sebuah jembatan yang sangat populer di kalangan wisatawan yang bernama jempatan cinta. Jembatan ini sebenarnya merupakan sebuah jembatan kayu yang menghubungkan antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil dengan tinggi sekitar 5 – 6 meter dari permukaan air laut.

Jembatan ini sangat populer di kalangan wisatawan karena memiliki cerita mitos di dalamnya. Salah satu yang paling populer adalah jika dua sejoli melewati jembatan tersebut, maka hubungannya akan langgeng. Ada pula yang percaya, jembatan ini juga bisa membantu orang-orang yang masih single untuk menemukan jodohnya.

Terlepas dari mitos tersebut, panorama dari atas jembatan ini sangatlah bagus. Tidak heran jika banyak wisatasan yang ingin mengabadikan indahnya wisata Pulau Tidung dari atas jembatan tersebut. Selain itu, bagi yang memiliki nyali besar, anda bisa mencoba meloncat dari titik tertinggi jembatan cinta ini langsung ke perairan di bawahnya.

Tak perlu khawatir, perairan di bawah jembatan cukup dalam dan tidak ada karang sehingga aman untuk melakukan lompatan. Walaupun terdengar menyeramkan dan sedikit berbahaya, akan tetapi aktivitas ini menjadi salah satu atraksi favorit para wisatawan yang datang ke pulau tersebut. Jadi untuk anda yang mengaku memiliki nyali besar, jangan lupa mencoba atraksi ini ya..

Menjelajahi Keindahan Bawah Laut Pulau Tidung

jembatan pulau tidungSelain bermain di atas jembatan cinta, aktivitas seru lainnya yang bisa anda lakukan di pulau ini adalah snorkling atau menjelajahi keindahan bawah laut. Pulau ini memiliki beberapa spot snorkling seru  yang tidak kalah dengan spot snorkeling di pulau lainnya. Disini anda bisa melihat beragam biota laut mulai dari ikan warna-warni hingga beberapa jenis terumbu karang.

Walaupun sebagian besar perairan di kawasan gugusan Kepulauan Seribu memiliki spot snorkeling, akan tetapi snorkeling di Pulau Tidung ini memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah anda tidak perlu menyelam terlalu dalam karena perairan yang dangkal sekalipun tetap memiliki pemandangan bawah laut menarik.

Untuk bisa menikmati panorama bawah laut di pulau ini, anda bisa membawa alat snorkeling sendiri atau jika tidak ingin repot bisa juga menyewa dari pengelola. Biaya untuk sewa alat snorkeling biasa berkisar Rp 35.000 untuk satu kali pemakaian. Disini anda bisa berinteraksi langsung dengan berbagai ikan warna-warni dengan memberi makan berupa remah-remah roti.

Waktu paling tepat untuk melakukan snorkeling di Pulau Tidung adalah sekita pukul 07.00 – 08.00 atau 13.00 – 14.00. Pada jam-jam tersebut ombak laut masih terbilang tenang sehingga perairan menjadi jernih dan anda bisa puas menikmati keindahan bawah laut pulau tersebut.

Bersepeda Adalah Cara Terbaik Untuk Menjelajahi Keindahan  Pulau Tidung

sepeda pulau tidungKeindahan pulau ini tidak hanya terbatas pada pemandangan bawah laut saja. Akan tetapi panorama di sekitar pulau juga memiliki daya tarik yang tak kalah memikat dan terbaik untuk menikmatinya adalah dengan bersepeda. Anda bisa menyewa sepede kepada pengelola atau penduduk setempat dengan biaya Rp 25.000 sampai Rp 50.000 untuk satu hari penuh.

Berkeliling pulau menggunaka sepeda akan memberikan pengalaman dan sensasi liburan yang berbeda. Selama bersepeda anda akan disuguhkan berbagai hal menarik mulai dari bisa melihat aktivitas penduduk lokal secara langsung, berinteraksi dengan warga, dan pastinya tetap bisa menikmati keindahan pantai dan laut Pulau Tidung ini.

Sepeda sendiri merupakan alat transpoortasi utama penduduk pulau tersebut. Jadi tidak heran jika nantinya anda akan berpapasan dengan warga lokal selama menjelajahi pulau ini. Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para karyawan, pengelola telah mempersiapkan jalur sepeda dengan baik yaitu setiap jalur telah dilapisi paving block.

Waktu terbaik untuk menjelajahi Pulau inidengan sepeda adalah sore hari menjelang matahari terbenam. Selain cuaca yang sudah tidak begitu panas, pemandangan pulau ini akan jauh lebih indah saat sore. Perpaduan antara langit sore yang indah dengan panorama laut dan pantai, membuat suasana menjadi sangat menyenangkan.

Jangan Lewatkan Wisata Kuliner di Pulau Tidung

Berlibut ke suatu tempat kurang lengkap jika anda tidak mencicipi kulinernya. Sama seperti wisata di pulau lainnya, kuliner utama yang harus dicoba saat berlibur kesini sudap pasti hidangan lautnya. Ada banyak jenis makanan dan hidangan laut yang siap menggoyang lidah dan perut anda.

Di Pulau Tidung sudah banyak sekali terdapat berbagai rumah makan yang menyediakan beragam makanan mulai dari ikan bakar, cumi, udang, bahkan sampai kerangpun tersedia untuk anda santap. Semua makanan tersebut dijamin fresh karena ditangkap langsung oleh nelayan setempat.

Menikmati kuliner di pulau ini paling asik jika sambil menikmati suasana pantai dan laut. Anda bisa memilih rumah makan yang terletak di dekat pantai sehingga bisa menikmati pemandangan dengan leluasa. Untuk nuansa makan yang lebih seru, anda bisa memilih bersantap menjelang waktu matahari terbenam.

Itulah informasi seputar aktivitas seru yang bisa anda lakukan saat berlibur di salah satu pulau di gugusan Kepulauan Seribu. Sebagai salah satu destinasi wisata favorit, berlibur ke pulau ini memang ada banyak aktivitas yang bisa anda lakukan. Jadi tunggu apalagi, datang ke Pulau Tidung sekarang juga karena banyak aktivitas seru menanti anda.