(021) 294-61-292 info@daftartour.com

Uji nyali kamu di Pulau Bira kep Seribu

Bosan dengan liburan pantai yang begitu-begitu saja? Kalau memang begitu kamu bisa coba menyambangi Pulau Bira, Kepulauan Seribu yang terletak tidak begitu jauh dari ibukota. Pulau Bira terbagi menjadi dua bagian seperti Pulau Tidung, yaitu Bira Besar dan Bira Kecil. Keduanya seru untuk dijelajahi dan bisa menjadi referensi liburan pantai kamu di akhir pekan ini. Yang unik mereka yang berkunjung ke sini tak semuanya hanya  berniat untuk liburan, tapi juga sekaligus menguji keberanian. Mengapa demikian? Simak ulasannya.

Misteri di Pulau Bira Kep Seribu

Di pulau ini ada sebuah bangunan kuno berupa menara mercusuar dengan ketinggian 42 meter yang dulu dibangun pemerintah colonial Belanda. Mercusuar ini didirikan pada 1869 dan dahulu dihuni oleh sekeluarga dari Belanda. Konon mereka yang mempunyai penglihatan istimewa dapat menyaksikan penampakan makhluk halus yang menyerupai anggota keluarga tersebut di tempat ini.

Masyarakat sekitar konon juga sering melihat keluarga Belanda ini, yaitu seorang wanita dengan dandanan noni Belanda, seorang anak kecil, dan pria berjenggot yang kerap terlihat menjelang tengah malam di mercusuar. Terlepas dari benar tidaknya cerita dari mulut ke mulut ini Pulau Bira tetap sangat layak dikunjungi karena pemandangan alamnya yang pasti tidak akan membuat kamu kecewa.

Lokasi Pulau Bira Kep Seribu

Pulau yang asri ini terletak di gugusan Kepulauan Seribu atau di Kelurahan Pulau Harapan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Kamu bisa pakai aplikasi Google Maps yang bisa membantu kamu menuju lokasi tersebut.

Backpackeran ke Pulau Bira

Bila dana untuk liburan terbatas, kalian bisa melancong ke Pulau Bira dengan backpackeran. Pertama, kamu harus berkendara atau naik angkutan umum ke pelabuhan dulu, misalnya Muara Angke atau Pantai Marina Ancol, lalu lanjutkan perjalanan dengan kapal feri penyeberangan atau speedboat. Berikutnya, ikuti tips berikut ini.

Baca Juga artikel lainya :

  • Pastikan kamu mendapatkan akomodasi di tempat wisata dengan menghubungi jasa tour and travel. Untuk fasilitas penginapan hanya tersedia cottage dengan harga umum sekitar 800 ribu per malam.
  • Jangan lupa mempersiapkan diri sebaik mungkin agar acara liburan berjalan lancar, yaitu dengan membawa peralatan pribadi, pakaian ganti dan alas kaki yang cocok dengan kegiatan liburan kamu, obat-obatan pribadi, dan lain-lain.
  • Kalau tak ingin repot mencari tempat makan, kamu bisa mengambil paket wisata dengan fasilitas tambahan makan 3 kali sehari dengan biaya tambahan 100 ribu sampai 150 ribu.
  • Tak perlu membawa perangkat snorkeling sendiri karena tersedia jasa persewaan peralatan untuk selam dangkal ini seharga 35 ribu per paket dengan sebuah snorkel, fin, dan rompi pelampung.
  • Pilihlah waktu liburan di musim kemarau agar acara kamu tak terganggu cuaca.
  • Jangan lupakan perangkat untuk mengabadikan berbagai momen seru ini seperti kamera, ponsel, dan power bank untuk berjaga-jaga agar jangan sampai kehabisan baterei.

Liburan ke Pulau Bira dengan paket wisata

Di pulau Bira sebenarnya terdapat 20 cottage yang dilengkapi dengan berbagai sarana seperti helipad, lapangan golf, hingga kolam renang, namun yang disewakan bagi wisatawan hanya 8 cottage. Bila disewa secara pribadi kamu harus merogoh kocek hingga 1 juta rupiah per malam. Lumayan mahal, bukan?

Tapi jangan khawatir karena ada solusinya yaitu dengan mengambil paket hemat dari jasa tour and travel. Paket ini tersedia mulai harga 500 ribu sampai 750 ribuan.  Fasilitas yang bisa Anda dapatkan adalah transportasi penyeberangan dengan kepal feri pulang pergi Jakarta – Pulau Bira, makan tiga kali sehari, perahu untuk mengantar ke spot snorkeling, dan persewaan peralatan snorkeling.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply