(021) 294-61-292 info@daftartour.com

Hong Kong Disneyland, Themepark Disney Terbaik yang Harus Dicoba!

Hong Kong Disneyland adalah taman hiburan yang resmi dibuka pada 12 September tahun 2005 di Hong Kong. Hasil kerjasaman Walt Disney Company dan pemerintah setempat. Lokasinya berada di Pulau Lantau, tepatnya di sebelah teluk Penny. Luas Wilayah Hong Kong yang tidak terlalu besar memudahkan perjalanan wisata di sana.

Disneyland sendiri adalah taman hiburan yang dibuka pertama kali pada 17 Juli tahun 1955. Berlokasi di Anaheim, California, Amerika Serikat. Ketika itu di Amerika Serikat, hiburan yang ada hanyalah sirkus, sering berpindah-pindah dan menyajikan atraksi yang kurang pantas untuk anak-anak. Muncullah ide membuat taman bermain bagi keluarga.

Pada awalnya Disneyland dibangun di dekat studio Walt Disney. Semua yang datang diperbolehkan untuk berfoto bersama tokoh-tokoh kartun favorit. Kemudian berkembang menjadi taman yang semula bernama taman Mickey Mouse. Sampai kemudian berubah menjadi Disneyland, saat ini ada 6 Disneyland di seluruh dunia. Salah satunya berada di Hong Kong.

Jarak antara Indonesia dan Hong Kong sendiri terbilang cukup dekat kurang lebih 3.267 km. Bisa ditempuh melalui jalur udara dengan durasi perjalanan sekitar 4 jam 45 menit. Tiketnya pun terbilang ramah kantong. Beberapa maskapai penerbangan menawarkan tiket mulai dari harga Rp 600.000, dan Anda bisa mendapatkan lebih murah ketika promo.

tour hongkong 2019

 

Akses Mudah Menuju Hong Kong Disneyland

Perjalanan menuju Disneyland sangat mudah karena bandara Hong Kong berada di lokasi Pulau Lantau juga. Setibanya Anda di Hong Kong International Airport, Anda bisa memilih moda transportasi Bus, Sepeda Motor, Taksi ataupun MTR. Ada 3 rute resmi yang dioperasikan oleh City Bus dan Long Win Bus setiap harinya.

Akses paling mudah yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan MTR (Mass Transit Railway). Kereta cepat yang bisa dinaiki di area Disneyland Ressort Line di stasiun Sunny Bay. Kereta ini beroperasi setiap hari dengan waktu tunggu hanya beberapa menit saja dengan lama perjalanan 30 menit, melayani dari pagi hingga tengah malam.

Alternatif lain adalah menggunakan taksi, ada 3 jenis taksi yang bisa digunakan di Hong Kong Disneyland yaitu taksi perkotaan yang berwarna merah. Taksi new terittories yang berwarna hijau dan taksi Lantau yang berwarna biru. Untuk naik dan turun penumpang berada di area Transportasi Publik Interchange (PTI) Disneyland.

Transportasi yang tak kalah seru adalah dengan kapal ferri. Tetapi fasilitas ini sementara ditutup sejak Agustus 2019 lalu. Alternatif selanjutnya adalah menggunakan Express Rail Link yang menghubungkan daerah Hong Kong/Shenzhen dengan West Kowloon. Dari stasiun West Kowloon naik MTR atau Shuttle Hotel Hong Kong Disney menuju Resort. baca tour hongkong murah

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Hong Kong Disneyland

Harga tiket masuk kesini mengalami perubahan tiap tahunnya. Untuk tahun 2019 harga tiket masuknya adalah 639$ HK atau setara 1.169.000 rupiah untuk dewasa, 475$ HK atau 869.000 rupiah untuk kategori anak-anak. Adapun tiket masuk untuk dua hari seharga 825$ HK atau 1.510.000 rupiah dan 609$ HK atau 1.115.000 rupiah.

Jam operasionalnya adalah 10:30 sampai 19:30 waktu setempat. Tetapi untuk atraksi-atraksi tertentu tutup sebelum jam operasional taman berakhir. Contohnya Flights of Fantasy Parade tutup jam 15:30, Mickey and The Wondrous Book jam 18.15 dan Disney Paint The Night Parade pada jam 19:00. Kedua parade ini berada di tema fantasyland.

Di tema Adventureland Hong Kong Disneyland ada pertunjukan seperti Festival of The Lion King yang dibuka pada jam 12:00, 14:00, 16:30 dan 18:00, Moana: A Homecoming Celebration dibuka jam 13:15, 14:30, 16:35, dan 17:50. Tema Tomorrowland dengan Jedi Training: Trials of The Temple buka jam 12:15, 15:00, 16:30 dan 17:45

Seperti halnya yang sudah diterapkan di semua Disneyland di seluruh dunia, Hong Kong menyediakan tiket cepat atau fast pass. Tiket ini disediakan di seluruh wahana permainan. Sesuai namanya, dengan menggunakan tiket ini pengunjung tidak perlu mengantri, dan waktu kunjungan di wahana bersangkutan sudah ditentukan.

Berbagai Wahana Menarik yang Sayang Untuk Dilewatkan

Terdapat beberapa tema atau zona yang bisa dicoba di Hong Kong Disneyland dan jumlahnya cukup banyak. Anda harus benar-benar menyiapkan waktu dan stamina yang prima untuk menjelajah setiap detail kawasan resort ini. Tema pertama adalah Mainstreet USA, Fantasy Land, Adventure Land atau Pirate Land, Tomorrow Land, Toy Story Land, Grizzy Gulch, dan Mystic Point.

Tema Mainstreet USA menyajikan wahana seperti Animation Academy, Main Street Vehicles dan Art of Animation. Tema Fantasy Land menyajikan wahana Cinderella Carousel, Dumbo the Flying Elephant, Fairy Tale Forest, Frozen Fantasy Gardens Village, It’s A Small World, Mad Hatter Tea Cups, The Many Adventures of Winnie the Pooh, Mickey’s Philhar Magic, dan Sword in The Stone.

Tema Grizzy Gulch di Hong Kong Disneyland menyajikan Big Grizzly Mountain Runaway Mine Cars, Geyser Gulch dan Wild West Photo Fun. Tema Mystic Point menyajikan Gardens of Wonders, Mystic Point Freight Depot dan Mystic Manor. Tomorrow Land ada Ant-Man and The Wasp, Hyperspace Mountain, Iron Man Experience, dan Orbitron.

Di tema Toy Story Land terdapat wahana Barrel of Fun, RC Racer, Slinky Dog Spin dan Toy Soldier Parachute Drop. Tema Adventure Land menyajikan Jungle River Cruise, Karibuni Marketplace, Liki Tikis, Tarzan Treehouse dan Rafts to Tarzan’s Treehouse. Tentunya Anda harus mengatur prioritas kunjungan agar tidak terlewat atraksi dan paradenya.

Tips Berwisata di Hong Kong Disneyland

Bawalah uang secukupnya saja, Anda bisa menyiapkan alat pembayaran berupa kartu kredit supaya lebih ringkas. Manfaatkan promo tiket pesawat, terlebih apabila Anda berwisata bersama keluarga. Anda juga bisa membeli tiket dan hotel secara online. Ada baiknya Anda mengikuti pergerakan kurs Hong Kong Dollar terhadap Rupiah, sehingga bisa memperhitungkan pengeluaran disana.

Tentukan rute wisata Anda dengan membuat itinerary. Liburan Anda jadi lebih maksimal dengan mengatur prioritas wahana yang akan dikunjungi dan perkiraan alokasi waktu yang dibutuhkan. Bawalah selalu payung, jadi ketika hujan Anda tetap bisa melanjutkan perjalanan wisata. Bila Anda membawa anak kecil bawalah kereta dorong sendiri, karena menyewa lebih mahal.

Biasakan membawa botol kosong sendiri, selain go green Anda juga bisa lebih hemat. Hindari berkunjung di peak season ataupun weekend, karena akan penuh dan berdesakan dengan wisatawan lainnya. Catat jam-jam atraksi atau parade di setiap tema. Jangan sampai terlewat karena di sini adalah waktu yang pas untuk berfoto.

Beristirahatlah di tempat yang sudah disediakan, jangan memaksakan diri. Anda juga bisa memanfaatkan waktu makan siang untuk melepas lelah. Jangan lewatkan atraksi Disney In The Stars yang menampilkan ledakan kembang api, sebagai penutup serangkaian perjalanan wisata di Hong Kong Disneyland.