(021) 294-61-292 info@daftartour.com

Pulau Tidung adalah pulau berpenghuni yang terbesar di antara deretan pulau lainnya yang menjadi bagian dari Kepulauan Seribu. Pulau ini sekaligus juga menjadi icon wisata Kepulauan Seribu dan yang paling banyak dikunjungi terutama di musim-musim liburan. Untuk mencapai  Pulau Tidung Anda harus menempuh perjalanan dengan transportasi kapal feri penyebrangan selama 3 jam dari Pelabuhan Muara Angke. Tapi tak perlu khawatir karena saat menginjakkan kaki di lokasi Anda pasti kagum dengan kecantikan alamnya.

Paket Wisata Pulau Tidung

Paket Tour Pulau Tidung

pulau tidung
Harga Special

Paket Pulau Tidung 2 Hari 1 Malam

Wisata Pantai Jakarta Tour Pulau tidung 2 hari 1 malam Harga terbaru saat ini
FromRp245,000
(3 Reviews)
View Details
pulau tidung
Promo

Paket Pulau Tidung Satu Hari

harga paket satu hari pulau tidung Kepulauan seribu Jakarta fasilitas all In
FromRp450,000
(2 Reviews)
View Details
Promo

Paket Pulau Tidung 3 Hari 2 Malam

Harga paket wisata Terbaru ke pulau tidung kepulauan seribu jakarta selama 3 Hari 2 Malam
FromRp450,000
0
View Details

Obyek wisata dan aktivitas liburan di Pulau Tidung

Inilah beberapa obyek wisata yang dapat menjadi referensi saat berkunjung ke Pulau Tidung serta kegiatan liburan yang bisa Anda coba. Anda bisa berlibur secara mandiri atau ala backpacker dan bisa juga dengan mengambil paket wisata dari agen-agen perjalanan.

Pulau Tidung Besar

Inilah tujuan perjalanan Anda dari Pelabuhan Muara Angke. Saat pertama kali  menginjakkan kaki di tempat ini Anda pasti akan terpesona dengan keindahan alamnya. Pasir putih yang menghampar di pantai serta perairan berwarna biru kehijauan yang jernih dan siap menyambut wisatawan yang ingin bermain-main di sekitar pantai dengan ombak-ombak kecilnya yang susul-menyusul. Anda tak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat untuk bermalam karena akomodasi di obyek wisata Tidung Besar cukup lengkap tersedia yaitu homestay yang dikelola penduduk. Perlu diketahui bahwa Anda tak akan menemukan hotel di sini karena pengelolaan bidang pariwisata menerapkan sumber daya masyarakat.

pulau tidung besar

Pulau Tidung Kecil

Pulau Tidung terbagi menjadi Tidung Besar dan Tidung Kecil. Bila kawasan Tidung Besar merupakan pulau berpenghuni, sebaliknya Pulau Tidung Kecil dikhususkan sebagai wilayah konservasi tumbuhan bakau serta camping ground. Selain bermalam di homestay beberapa pengunjung juga ada yang lebih suka tidur di dalam tenda di camping ground bila cuaca mengijinkan. Untuk fasilitas perkemahan ini pengunjung cukup membayar 50 ribu untuk mendapatkan akses air bersih, kamar mandi, serta rumah ibadah di sekitar tempat berkemah.

pulau tidung kecil

Anda juga bisa melihat-lihat kawasan budidaya tanaman bakau atau mangrove yang sejatinya berfungsi untuk mengantisipasi abrasi atau pengikisan kawasan pesisir pantai dari gempuran ombak. Pada bagian akar-akar tumbuhan mangrove ini juga menjadi habitat yang cocok untuk beragam ikan laut serta satwa laut lainnya sehingga kelestarian mereka juga turut terjaga. Bila Anda berkunjung pada waktu yang tepat mungkin Anda juga dapat berpartisipasi dalam gerakan penanaman bibit mangrove yang kerap digelar oleh komunitas atau LSM pecinta lingkungan.

Jembatan Cinta Pulau Tidung

Anda dapat dikatakan belum liburan ke Pulau Tidung kalau belum berselfie atau difoto di Jembatan Cinta. Jembatan ini mendapatkan penyebutan tersebut dari masyarakat setempat, sebelum direnovasi menjadi lebih kokoh seperti sekarang ini Jembatan Cinta dulunya terbuat dari kayu. Dengan ketinggian sekitar 2 meter dan panjang 800 meter, tujuan dibangunnya jembatan ini adalah untuk menghubungkan antara kawasan Tidung Besar dan Kecil hingga lambat laun berkembang menjadi icon wisata.

jembatan cinta pulau tidung

Selain sekadar berjalan-jalan melintasi jembatan untuk menuju kawasan Tidung Kecil, ada satu bagian di jembatan cinta yang menjadi lokasi untuk menguji adrenalin dengan terjun langsung ke dalam laut dari jembatan berketinggian 5 meter tersebut. Jembatan Cinta juga merupakan spot sunset terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam yang indah di pantai. Manfaatkan momen indah tersebut untuk mengambil foto siluet yang romantis bersama pasangan.

Spot snorkeling dan diving

Jangan melewatkan untuk diving atau snorkeling saat liburan ke Pulau Tidung. Untuk aktivitas selam dangkal ini dapat dilakukan oleh siapa pun, bahkan anak-anak atau Anda yang belum dapat berenang. Meskipun demikian pemula tetap harus didampingi oleh instruktur yang professional. Di beberapa spot untuk aktivitas tersebut Anda bisa merasakan sensasi berenang ditemani ikan berwarna-warni serta beragam biota laut lainnya yang pastinya sangat seru.

 

snorkling pulau tidung

Selain itu tentunya Anda juga dapat menyaksikan berbagai jenis terumbu karang yang selama ini mungkin hanya dapat dilihat di layar kaca. Bila Anda liburan dengan paket wisata dari jasa travel kepercayaan Anda, biasanya tersedia fasilitas mengabadikan momen snorkeling tersebut dengan kamera tahan air. Jangan lupa unggah di akun media social Anda dan lihatlah pasti akan mampir banyak likes untuk Anda.

Water sport

water sport pulau tidung

Untuk  memberikan pengalaman liburan yang seru dan tak terlupakan pengelola juga telah menyediakan sarana permainan air atau watersport di Pulau Tidung ini, yaitu Sofa Boat, Banana Boat, Donat Boat, dan canoe. Walaupun terlihat menakutkan bagi yang baru pertama kali mencobanya tapi tidak perlu khawatir karena dijamin aman dengan pelampung yang Anda kenakan.

Bersepeda

sepeda pulau tidung

Kalau sudah bosan bermain-main yang berkaitan dengan air atau saat Anda enggan basah-basahan, cobalah menyewa sepeda yang disediakan oleh masyarakat setempat. Biayanya cukup terjangkau, yaitu kurang dari 50 ribu untuk menggunakan sepeda seharian. Anda bisa menjelajahi seluruh Pulau Tidung untuk menyaksikan kehidupan masyarakat lokalnya dari dekat atau menuju pantai Tanjungan Timur dan menyaksikan matahari terbenam menjelang senja.

Tenang saja, Anda tak perlu khawatir kelelahan karena dari luasnya keseluruhan pulau ini dapat dijelajahi dengan sepeda kurang dari satu jam saja. Lagi pula sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan pantai yang sangat indah sambil menikmati angin semilir.

Memancing

mancing di pulau tidung

Untuk aktivitas ini Anda bisa melemparkan kail Anda langsung di sekitar dermaga atau menyewa kapal tradisional untuk menuju spot memancing yang direkomendasikan penduduk sekitar. Bila beruntung Anda mungkin bisa membawa ke daratan ikan tenggiri, ikan skipjack tuna, grouper, trevally, atau red snapper.

Konservasi penyu sisik

pengkaran penyu pulau tidung

Letak penangkaran penyu sisik ini sebenarnya bukan di Pulau Tidung, tapi di Pulau Pramuka yang bertetangga dengan Pulau Tidung. Anda bisa menuju lokasi tersebut dengan perahu. Pengelola penangkaran kerap menggelar acara pelepasliaran anak-anak penyu ke lautan lepas untuk menambah jumlah populasi mereka di alam bebas. Anda bisa menyaksikan atraksi wisata yang unik ini atau malah berpartisipasi.

Wisata sejarah

wisata sejarah pulau tidung

Di Pulau Tidung terdapat makam seorang raja, yaitu Raja Pandita yang berasal dari Kalimantan. Beliau dan rombongan dahulu tiba di pulau ini konon karena dibuang oleh Belanda akibat keberaniannya dalam menentang kolonialisme. Pemugaran makamnya menjadi seperti sekarang juga dihadiri oleh sebagian keturunan sang Raja yang masih tinggal di Pulau Kalimantan serta pemerintah setempat.

Pantai Saung Perawan

barat pulau tidung

Inilah pantai yang paling cocok untuk bersantai karena udaranya yang sejuk dan teduh. Penyebabnya karena terdapat pepohonan rindang di sekitar pantai yang cukup membantu menghalangi pancaran sinar matahari pesisir yang terik. Di sekitar pantai penduduk membuka kedai atau warung tendah makanan dan minuman yang siap memuaskan perut Anda yang keroncongan.

Pantai Cemara Kasih

saung cemara kasih pulau tidung

Tempat ini cocok sekali untuk berfoto-foto karena pemandangannya yang begitu Instagramable. Pengelola bahkan menambahkan ayunan tradisional yang diikatkan di pepohonan sekitar pantai. Keren sekali kalau Anda dapat berfoto pada spot ini.