(021) 294-61-292 info@daftartour.com

Pesona Wisata Pulau Sepa kep Seribu yang Eksotis

Wisata Pulau Sepa merupakan sebuah destinasi wisata bahari yang terdapat di ibu kota negara Indonesia, yakni Jakarta. Di tengah kepadatan kota Jakarta ternyata terdapat suatu wisata alam yang mampu memanjakan diri Anda. Obyek wisata ini memang letaknya tidak terlampau jauh dari pusat kota, hanya memerlukan waktu sekitar satu setengah jam. Jadi, ketika Anda membutuhkan liburan maka Pulau Sepa dapat dijadikan salah satu solusinya.

Mengenal Singkat Keindahan Wisata Pulau Sepa

pulau sepa merupakan sebuah tempat yang tersembunyi di padatnya setiap sudut kota Jakarta. Menjelajahi pulau ini akan membuat pikiran Anda terasa lebih segar. Karena suasananya sungguh menenangkan dan jauh dari hiruk pikuk keramaian. Hamparan pasir putih pantai dan angin sepoi – sepoi yang berhembus membuat tubuh rileks.

Pulau Sepa sendiri sebenarnya adalah sebuah pulau yang tidak berpenghuni yang dikelola oleh PT. Sepa Paradise. Jadi, secara otomatis apabila ingin berkunjung ke sana maka harus memesan tiketnya. Untuk berlibur ke sana banyak pilihan paket yang ditawarkan oleh perusahaan ini. Sehingga lebih memudahkan Anda ketika akan liburan karena dapat disesuaikan dengan jadwal.

Pulau ini notabenenya adalah pulau resort yang mempunyai cottages panggung. Terbuat dari anyaman bambu dan bangunan permanen dengan jumlah sekitar 38 unit. Perihal harganya pun juga sebanding dengan kualitas yang ditawarkan di wisata tersebut. Namun, jika ingin menghabiskan waktu di sana yang terbilang cukup singkat, pilihlah paket one day atau camping.

Selain dapat menikmati suasana pantai yang begitu menyejukkan pandangan, pada Wisata Pulau Sepa juga merupakan pusat dari penangkaran penyu sisik. Sehingga Anda dapat melihat proses penangkarannya di sana. Wisata ke pulau ini sebenarnya sangat cocok sekali apabila bersama – sama keluarga. Mengajak anak – anak untuk belajar mengenai penangkaran penyu sisik tersebut. Mereka pastinya akan senang sekali karena mendapatkan pengalaman baru dan ilmu baru.

Adapun paket camping di Pulau Sepa ternyata tidak dikenai biaya alias gratis, tetapi harus meminta ijin terlebih dahulu yang ditujukan pada pihak management pulaunya. Biasanya pihak yang mengizinkan tersebut akan memberikan izin camping dengan ketentuan bahwa pengadaan camping tidak boleh hingga melewati pagar tanda batas kawasan resort.

Lokasi dan Akses Wisata Pulau Sepa

Pulau Sepa merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di bagian utara Provinsi Ibu Kota Jakarta. Pulau ini adalah salah satu bagian dari Pulau Seribu. Untuk menuju ke Wisata Pulau Sepa dapat menggunakan kapal speed boat dari Marina Ancol. Waktu tempuh untuk menuju ke sana kurang lebih selama satu setengah jam perjalanan. Dan ketika Anda tiba di sana, maka akan disambut dengan sajian welcome drink. Minuman tersebut dapat dijadikan sebagai pelepas dahaga selama menempuh perjalanan tadi.

Pada umumnya saat akan menyeberang ke Wisata Pulau Sepa jalur satu – satunya yang dapat dilewati ialah dermaga Marina Ancol nomor 19 atau yang terletak di bagian belakang Dunia Fantasi (Dufan). Kamu dapat menyewa jasa kapal penyeberangan dengan kisaran harga 200 hingga 600 ribu rupiah. Tetapi jika sudah memesan dengan menggunakan jasa travel maka Anda tak perlu menyewa jasa kapal atau boat.

Jadwal keberangkatannya pun ada beberapa alternatif, untuk Marina Ancol ke Pulau Sepa 1 kali dalam sehari berangkat pada pukul 08.00 WIB dan dari Pulau Sepa menuju ke Marina Ancol 1 kali dalam sehari pada pukul 14.00 WIB. Estimasi perjalanan sekitar 90 menit atau tergantung dengan situasi dan kondisi laut, jika suasana bersahabat tentu perjalanan semakin cepat.

Fasilitas yang Ditawarkan Wisata Pulau Sepa

Setelah sampai di tempat Wisata Pulau Sepa Anda juga dapat beristirahat di Gazebo yang ada di sana. Selain itu ada fasilitas lainnya yang ditawarkan, yakni front office, cottage panggung, restoran, canoe, jet ski, banana boat, bola volly, bola tendang, dive shop dan mushola. Fasilitas tersebut ada yang berbayar dan tidak berbayar. Selama berada di Pulau Sepa para pengunjung dapat mengisi waktu luang dengan bermain watersport, snorkeling, ataupun bermain pasir dan berenang di pinggir laut.

Namun, jika Anda ingin untuk memancing dapat pula meyewa kapal tradisional boat dengan kisaran harga 175 ribu rupiah per jamnya. Kapal tersebut dapat diisi dengan kapasitas maksimum sepuluh orang, jika lebih dari itu maka akan memengaruhi keselamatan penumpangnya. Karena kapal menjadi tidak seimbang lagi.

KegiatanSeru Wisata Pulau Sepa

Berada di destinasi Wisata Pulau Sepa maka tak lengkap rasanya jika tidak melakukan aktivitas olahraga air, seperti berenang, snorkeling, meyelam atau memancing. Sebagai informasi tambahan lainnya, salah satu tempat snorkeling terbaik di Pulau Seribu adalah di Pulau Sepa. Sehingga saat berkunjung ke sana jangan sampai melewatkan kesempatan emas untuk melihat aneka biota lautnya.  Tetapi tetap berhati – hati ketika menginjak karangnya, karena kadang terdapat bulu babinya.

Obyek wisata Pulau Sepasurganya bagi para pecinta snorkeling. Ketika menuju ke dermaga bagian timur Anda sudah bisa melihat dinding terumbu karang yang masih terjaga keasriannya. Jaraknya juga cukup dekat dan tidak perlu berenang terlampau jauh hingga ke laut lepas. Selain akan mendapat resiko lebih, hal itu juga dapat menguras energi.

Aktivitas selanjutnya yang dapat dilakukan di sana adalah menyelam atau diving. Bagi Anda pecinta diving maupun bagi pemula yang ingin melihat keindahan bawah laut pulau ini, tak perlu risau atau khawatir karena di sana terdapat Diving Center yang siap memberikan pelayanan terbaik untuk Anda semua. Biasanya bagi yang sudah mahir maka bisa langsung terjun ke laut saja, akan tetapi bagi para pemula akan diberi tahu terlebih dahulu dengan melakukan pelatihan – pelatihan. Tujuan utamanya adalah keselamatan dan kenyamanan bagi wisatawan.

Baca juga :

Ketika Anda akan melakukan aktivitas tadi, maka bawalah peralatan yang dibutuhkan. Akan tetapi jika Anda merasa repot membawa dari rumah, di sana juga banyak jasa penyewaan peralatan olah raga air. Pulau Sepa juga sering dijadikan sebagai tempat latihan menyelam bagi penyelam scuba pemula. Mereka berlatih dengan giat untuk mendapatkan sertifikat Open Water dari Professional Association of Diving Instructors (PADI).

Keseruan lainnya dapat pula dilakukan dengan trekking keliling Pulau Sepa. Mengunjungi pulau ini tak lengkap rasanya apabila tidak menikmati suasana panorama dengan berfoto ria. Momen – momen terbaik yang dapat diabadikan dapat Anda bidik saat sunset atau sunrise tiba. Pemandangan terbaik yang Anda punya atau dapat menggunakan kamera di smartphone canggih yang dimiliki.

Kedalaman laut yang cukup landai dengan hamparan pasir putihnya membuat para pengunjung dapat berenang di sana. Airnya yang tenang sehingga cukup aman melakukan aktivitas di sekelilingnya. Namun, jika tidak bisa berenang solusinya adalah dapat bermain outbond atau volly Pantai. Outbond dan Volly Pantai juga sangat seru dilakukan, terlebih lagi banyak teman – teman yang ikut bermain di dalamnya. Suasana permainan tersebut akan menambah keakraban dan menambah kebahagiaan juga selepas permainan.

Menikmati keindahan Wisata Pulau Sepa akan lebih nikmat lagi jika sambil menyantap menu kuliner di sana. Pada Pulau Sepa banyak terdapat restoran yang dapat dicoba aneka sajiannya. Ketika memutuskan untuk berlibur ke sana, maka Anda tak perlu mengkhawatirkan perihal makan. Mulai dari sajian seafood hingga aneka hidangan mie pun ada. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan saja. Apabila berkunjung ke sana bersama pasangan, Anda juga dapat memesan makan malam romantis di tepian pantai.

Tips Tour Ke Pulau Sepa

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan ketika berwisata ke Pulau Sepa;

Pertama, Perhatikan Jadwal Keberangkatan

Berkunjung ke Pulau Sepa usahakanlah untuk datang minimal satu jam sebelum jadwal keberangkatan kapal. Jadwal pemberangkatan sangat ketat sekali. Jika terlambat, maka tergantung kesepakatan dengan pihak agen wisata. Bisa saja Anda harus menaiki kapal lain dengan uang diganti penuh atau dipotong untuk biaya tertentu. Satu jam sebelum jadwal pemberangkatan juga biasanya diadakan briefing singkat.

Kedua, Perhatikan Diri Saat Snorkeling

Menikmati indahnya ragam biota laut yang ada di sekitar karang kadang membuat kita lupa untuk beranjak darinya. Padahal kadang di sekitar karang ada bulu babi, jadi berhati – hatilah ketika menginjak karang. Tetapi jika Anda menginjaknya segeralah melakukan pengobatan. Hal itu dapat mencegah dari hal – hal yang tidak diinginkan nantinya. Selain itu, ada larangan menginjak terumbu karang yang juga harus diindahkan untuk keselamatan diri sendiri sekaligus menghindari kerusakan terumbu karang..

Ketiga, Bawalah Teman atau Keluarga

Mengunjungi destinasi cantik di pulau mungil ini tak lengkap rasanya jika hanya sebatang kara di sana. Akan lebih indah dan bahagia ketika menikmati bersama dengan teman atau keluarga. Pasalnya, memang hal itu adalah salah satu sifat dasar manusia sebagai makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain.

Selain itu, tiket atau paket wisata juga bisa menjadi lebih murah jika dihitung dengan rombongan. Biasanya, agen wisata akan memberikan daftar paket wisata per orangan dan rombongan. Jika dihitung secara total, harga tiket rombongan jauh lebih murah. Jumlah rombongan biasanya ada minimal 5 hingga 10 orang. Jadi, ajaklah teman dan keluarga untuk menikmati keindahan Pulau Sepa.

Keempat, Bawalah Perlengkapan Secukupnya

Berwisata ke Pulau Sepa sebaiknya bawalah barang – barang penting yang akan digunakan di sana. Dan jangan lupa membawa perlengkapan obat – obatan pribadi jika Anda memang memiliki riwayat penyakit. Hal itu akan menolong diri Anda sendiri. Meskipun akses di sana memang terbilang cukup mudah ditempuh untuk menuju ke pusat kota.Untuk memudahkannya maka gunakan daftar perlengkapan yang ditulis di selembar kertas. Setelah semuanya sudah tertulis kemudian review lagi mana yang prioritas dan mana yang tidak.

Demikianlah ulasan mengenai Wisata Pulau Sepa yang dapat dibagikan dalam artikel kali ini. Harapannya ketika nanti Anda berkunjung tetap menjaga aturan dan mencintai lingkungan di Pulau Sepa tersebut. Hal ini dikarenakan untuk tetap terjaga keasriannya. Cukuplah kita untuk tidak peduli kepada alam, kini saatnya lebih menjaganya.

Ingat, salah satu bentuk kepedulian kita terhadap keindahan wisata Pulau Sepa adalah tidak mengotori pulau indah tersebut. Memang benar ada yang mengelola dan pengunjung merupakan raja. Tetapi perlu dicermati pula sebagai raja yang baik juga akan peduli kepada lingkungan sekitarnya. Semoga ulasan di atas dapat menambah pengetahuan serta pemahaman Anda sebelum berkunjung ke Pulau Sepa.

Leave a Reply