(021) 294-61-292 info@daftartour.com
jembatan pulau tidung

Berbicara tentang wisata Kepulauan Seribu yang paling dulu terlintas di benak banyak orang pasti adalah Pulau Tidung. Pulau terluas di antara gugusan pulau Kepulauan Seribu ini memang merupakan pulau berpenduduk selain pulau wisata sehingga fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap. Sangat cocok bagi Anda yang ingin liburan dengan nyaman dan tak jauh dari peradaban. Lebih dulu populer sebagai lokasi wisata, pulau ini banyak didatangi orang untuk berlibur bahkan sejak tahun 70-an.

Sekilas tentang Pulau Tidung

Pulau ini menyimpan sejarah yang cukup unik yang dapat kita lihat dari beragamnya etnis penduduk di pulau wisata tersebut, termasuk masyarakat Kalimantan. Asal muasal mereka adalah dari rombongan Raja Pandita, dari Kuala Malinau, Kalimantan. Nama Tidung konon juga pemberian sang Raja sebagai pengingat kampung halamannya. Sementara beberapa etnis lainnya yang menghuni pulau ini adalah masyarakat Banten, Jawa, dan Madura

wisata pulau tidung

Pulau ini dihuni oleh sekitar 2000 KK atau 4000 jiwa dengan sebagian besar penduduknya dahulu bermatapencaharian nelayan, namun seiring berjalannya waktu profesi penduduk pun semakin beragam termasuk berpartisipasi pada sector pariwisata. Pengelolaan bidang pariwisata di Pulau Tidung memang berbasis masyarakat sehingga fasilitas yang tersedia pun ditangani oleh penduduk setempat, misalnya akomodasi homestay, persewaan sepeda dan peralatan snorkeling atau diving, warung makan, serta jasa tour and travel.

baca juga  :

Kegiatan liburan Pulau Tidung

rekreasi pulau tidungAda banyak aktivitas liburan yang bisa Anda lakukan di tempat ini yaitu olahraga air seperti bananaboat, sofaboat, atau kano, berkemah, flying fox, memancing, serta snorkeling. Yang terakhir ini adalah atraksi wisata yang benar-benar tak boleh dilewatkan karena pulau wisata ini menyimpan beberapa spot pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Untuk menambah referensi Anda inilah beberapa obyek wisata pulau yang harus Anda kunjungi.

Pantai Saung Perawan

Konon inilah pantai yang paling indah di pulau wisata Tidung dan kerap menjadi tujuan akhir setelah berkeliling pulau dengan sepeda. Memang mengasyikkan sekali bersantai di gazebo-gazebo di pinggir pantai sambil menikmati segelas es kelapa muda dari kedai-kedai yang terdapat di sekitar.

Pantai Cemara Kasih

Pantai ini cocok bagi penghobby foto karena pengelola sudah menyediakan spot-spot  selfie yang unik seperti ayunan yang diikatkan di batang-batang pohon. Jadi Anda bisa berfoto di ayunan ini dengan latar belakang lautan lepas

Pantai Tanjongan Timur

Di sinilah Anda bisa mencoba berbagai aktivitas watersport yang seru seperti yang telah disinggung sebelumnya.

Pulau Tidung Kecil

Pulau wisata ini memang terbagi menjadi dua bagian yaitu Tidung Besar atau pulau utama dan Tidung Kecil. Keduanya terhubung dengan jembatan sepanjang 700 meter yang dinamakan Jembatan Cinta. Di kawasan Tidung Kecil yang tak berpenghuni dikhususkan sebagai lahan konservasi tanaman bakau.

Tempat ini juga merupakan camping ground untuk pengunjung dengan fasilitas air bersih, kamar mandi, dan mushola. Anda cukup membayar 50 ribu untuk mendapatkan fasilitas tersebut. Di pulau kecil ini juga terdapat makam Panglima Hitam, pahlawan Banten yang menentang penjajahan Belanda dengan gagah berani.

Jembatan Cinta

jembatan pulau tidungInilah icon wisata populer di pulau wisata ini sehingga tak lengkap rasanya acara liburan Anda bila tak didokumentasikan dengan berfoto di tempat ini. Selain sekedar berfoto bagi Anda yang punya nyali ada atraksi liburan tak kalah seru, yaitu terjun ke laut dari jembatan dengan ketinggian 7 meter ini.

Siap liburan ke Pulau Tidung?

 

Leave a Reply