(021) 294-61-292 info@daftartour.com

Liburan Ke Myanmar tapi Bingung Mau Kemana? Ini Solusinya!

Ingin mencoba liburan ke Myanmar tapi bingung tujuannya kemana? Karena meskipun Myanmar tidak sepopuler negara pada umumnya di Asia Tenggara, namun ternyata disana memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari destinasi wisata alam, budaya, sampai dengan kulinernya. Semuanya benar-benar menakjubkan.

Maka dari itulah tidak ada salahnya Anda berkunjung ke negara ini. Karena disana menawarkan banyak sekali destinasi wisata yang menarik lengkap dengan keindahan pesonanya. Dua tempat wisata terpopuler di Myanmar adalah Pagoda Shwedagon dan Kuil Bagan. Anda harus mengunjungi kedua tempat ini saat berlibur ke Myanmar.

Bagan merupakan kota kuno yang memiliki kuil lebih dari 3.000. Kota ini sudah ada sejak abad ke-11 dan memiliki beberapa menara yang dilapisi oleh emas. Karena jumlah kuil disini sangat banyak, hal ini membuat beberapa orang mengira bahwa jumlah wisatawan yang liburan ke Myanmar sepertinya tidak lebih banyak dari kuilnya.

Sedangkan untuk Pagoda Shwedagon itu merupakan yang tertinggi di Myanmar, dimana sebagian strukturnya sudah berusia 2.500 tahun. Pagoda ini juga dilapisi oleh emas. Bahkan mahkotanya sendiri terdiri atas 5000 berlian dan dilapisi juga dengan berbagai macam batu mulia yang indah. Lebih lengkapnya silahkan perhatikan daftar destinasi wisata terbaik disini:

wisata Myanmar

Daftar Tempat Wisata Terbaik di Myanmar

Berlibur ke Myanmar sepertinya ada yang kurang lengkap jika tidak mengunjungi tempat menarik di Negeri Seribu Pagoda ini. Meskipun popularitasnya tidak setenar Thailand, namun pesonanya sangat menakjubkan. Maka dari itulah jika Anda ingin berlibur ke Myanmar, daftar destinasi wisata ini bisa diperhitungkan:

  1. Pagoda Shwedagon. Destinasi wisata ini terletak di kota kuno Yangon dan merupakan tempat kebanggaan warga Myanmar. Karena merupakan simbol spiritual masyarakat Myanmar sehingga selain menunjukkan kemegahan bangunannya, tempat ini merupakan sport terbaik untuk melihat matahari terbenam. Liburan ke Myanmar akan lebih seru disaat melihat menara emas yang ada disana.
  2. Pantai Ngapali. Ini adalah pantai terbaik yang ada di Asia karena pemandangannya sangat menakjubkan. Disinilah Anda bisa bersantai tepat di atas hamparan pasir putih sambil mendengarkan suara debur ombak dan burung yang bersahutan. Sehingga tempat ini cocok sekali untuk Anda yang ingin menenangkan diri ketika berlibur ke Myanmar.
  3. Danau Inle. Ini adalah sebuah wisata kampung nelayan yang terletak di Nyaungshwe, Taunggyi. Meskipun tidak semua warga disana menjadi seorang nelayan, namun ada beberapa dari mereka yang berkebun dari rumput laut sehingga mengapung. Dengan berkunjung ke Danau Inle, Anda bisa merasakan liburan yang menenangkan dan mendapatkan pengalaman menarik.
  4. Jembatan U Bein. Rasanya belum lengkap liburan ke Myanmar jika tidak berkunjung ke Jembaran U Bein. Jembatan ini sudah ada sejak 1800-an dan terbentang hingga 1.2 km di atas danau Taungthaman. Jembatan yang tertua di dunia ini berhasil menghipnotis siapapun yang berlibur ke Myanmar.

Rekomendasi Kuliner Saat Berlibur ke Myanmar

Traveling ke Myanmar sambil mencoba aneka hidangan khas Burma memang sangat menggoda! Apalagi untuk pecinta kuliner yang memang tidak ingin melewatkan kesempatan ini begitu saja. Meskipun hidangan Myanmar masih kalah populer dari lainnya, namun soal rasa benar-benar lezat. Berikut ini adalah rekomendasi kuliner yang bisa dicoba saat berlibur ke Myanmar:

  1. Laphet Thohk. Ini adalah salah satu kuliner yang berbentuk seperti salad dari daun teh. Dimana daun teh yang digunakan untuk membuat Laphet Thohk ini sudah melewati proses fermentasi dulu. Makanan ini terdiri atas tomat dan kubis yang dicampur dengan bawang putih, potongan cabai, acar daun teh, dan kacang polong.
  2. Kari Burma. Sajian kuliner ini sangat lengkap karena sudah ada menu pembuka sampai pencuci mulut. Umumnya kari burma terdiri dari daging kambing, sapi, udang, ikan, dan babi. Sama seperti jenis menu kari pada umumnya, sajian kuliner ini juga kaya rempah-rempah. Sehingga cita rasanya tidak perlu diragukan lagi.
  3. Saat liburan ke Myanmar belum lengkap jika tidak mencoba hidangan Mohinga. Yaitu sajian mie yang berasal dari tepung beras dengan telur rebus, kaldu ikan, potongan batang pohon pisang, dan chickpeas. Sehingga cita rasanya menjadi sangat gurih, lezat, dan menyegarkan meskipun kuahnya sedikit kental.

Waktu Terbaik Liburan Ke Myanmar

Waktu terbaik berlibur ke Myanmar adalah dibulan November sampai Januari. Karena di bulan tersebut udaranya tidak begitu panas. Selain itu, dibulan itulah ada banyak perusahaan balon udara panas beroperasi, sehingga pasti padat pengunjung. Maka jika Anda berkunjung di bulan tersebut harus siap berbagi tempat dengan gerombolan wisatawan yang lainnya.

Umumnya Myanmar memiliki udara yang panas sepanjang tahun, namun di bulan Maret dan April umumnya udaranya sangat tidak nyaman karena terkadang suhunya mencapai 43 derajat Celcius. Maka dari itulah jika Anda ingin nyaman saat liburan ke Myanmar, sebaiknya jangan datang di bulan tersebut kalau tidak ingin mengalami dehidrasi.

Selain itu, sebaiknya jangan berlibur ke Myanmar di bulan Agustus dan September. Karena kedua bulan tersebut adalah puncaknya musim hujan. Begitu juga dibulan Juni, Juli, dan juga Oktober. Hanya saja di bulan Juni, Juli, Oktober curah hujannya tidak begitu tinggi sehingga masih tidak begitu mengganggu perjalanan liburan Anda.

Namun, bila Anda ingin mencoba balon udara panas, sebagai atraksi terfavorit di Myanmar, sebaiknya datanglah di antara Oktober dan pertengahan bulan maret. Karena balon udara panas banyak yang beroperasi di bulan tersebut. Sementara itu, untuk menuju ke Myanmar Anda bisa menggunakan penerbangan tercepat dari Bandara Soekarno Hatta menuju Mandalay. baca juga Ingin Liburan Ke Korea Selatan? Jelajahi Destinasi Berikut Ini!

Tips Liburan ke Myanmar untuk Pertama Kalinya

Myanmar merupakan salah satu negara berkembang yang ada di Asia Tenggara. Saat ini Myanmar mulai dilirik wisatawan karena destinasi wisatanya mulai dikembangkan menjadi lebih baik sehingga tak heran bila ribuan turis kerap singgah ke negara tersebut. Maka dari itulah perhatikan tips berlibur ke Myanmar ini supaya perjalanan liburan terasa nyaman:

  1. Jangan lupa membawa mata uang lokal supaya bisa membayar jasa ataupun barang di Myanmar dengan lancar. Mata uang Myanmar adalah Kyat. Setidaknya bawalah 135.000 Kyat atau 100 USD karena di Myanmar mesin ATM masih sedikit. Dengan membawa 100 USD saja sudah cukup mengantarkan perjalanan Anda ke tempat wisata Myanmar.
  2. Sebelum berlibur ke Myanmar, jangan lupa membuat visa dulu secara online lewat e-Visa. Ini adalah cara paling mudah untuk mendapat visa dibandingkan harus ke kantor kedutaan Myanmar untuk mengurusnya. Karena berdasarkan beberapa turis yang pernah mencobanya, e-Visa biasanya langsung dikirim ke email wisatawan sesudah 3 hari kerja.

Hal yang terpenting adalah jangan lupa untuk membeli kartu sim lokal HP Anda saat berlibur ke Myanmar. Karena beberapa wisatawan kerap mengeluh soal layanan wifi di Myanmar. Maka dari itulah daripada pusing saat liburan ke Myanmar, sebaiknya belilah kartu sim lokal yang terbaik.