(021) 294-61-292 info@daftartour.com

Ingin Liburan Ke Sentosa Island? Jangan Lewatkan Ini Dulu!

Kalau mendengar kata Sentosa Island, ingatan kita pasti tertuju pada tour Singapura. Hal ini merupakan landmark negara kecil yang eksotis dan menjadi salah satu tempat terbaik untuk berfoto. Sentosa letaknya terpisah dengan pulau utama Negara Singapura. Namun tempat ini berhasil menjadi surga bagi para traveler, karena banyaknya obyek wisata yang bisa dikunjungi.

Sentosa dahulunya adalah Pulau Belakang mati yang merupakan bekas benteng pertahanan militer. Pernah beberapa kali berganti nama dari Pulau Belakang Mati, Panjang Island, St. George. Pada tahun 1972 Pemerintahan Singapura memberikan nama sebagai Sentosa Island yang berarti aman dan sejahtera. Hingga saat ini menjadi destinasi utama bagi para traveler.

Pulau dengan luas 5 km persegi ini pada awalnya diperuntukkan sebagai tempat wisata bagi penduduk lokal. Pada tahun 1970 Pemerintah Singapura mulai melakukan pembangunan cable car sebagai penghubung pulau Sentosa dengan yang lain. Kemudian muncul berbagai tempat wisata, pada tahun 2005 dibangun juga Sentosa Express.

Berawal dari sejarah yang kelam pada masa Perang Dunia ke II, kini pulau Sentosa menjadi destinasi wisata patut untuk dikunjungi. Rata-rata 55 ribu wisatawan per hari datang dari berbagai negara ke pulau ini. Seolah menjadi apresiasi bagi wilayah yang menyajikan berbagai hiburan dan atraksi menarik di Asia.

Akses Menuju Sentosa Island

Sesampainya di Changi Airport, Anda bisa menuju ke terminal 2 untuk bisa naik MRT. Apabila Anda berada di terminal 1, 3 atau 4, silahkan naik sky train menuju terminal 2, gratis. Ambil jalur ke Tanah Merah, kemudian pindah kereta ke Joo Koon, turun di stasiun Outram Park.

Setelah itu pindah ke north east line menuju Harbour Front. Sesampainya di Harbour Front, ada 4 cara menuju pulau Sentosa. Pertama, dengan berjalan kaki melewati Sentosa Broadwalk ke Vivocity, kemudian keluar menuju pintu menghadap ke laut. Murah, dengan SGD 1$ tiket masuknya tetapi tidak mengurangi keseruan jalan-jalan.

Anda akan disuguhkan pemandangan laut indah sepanjang 1,5 km di atas jalan kayu. Terdapat kanopi di atasnya, sehingga tidak akan kepanasan atau kehujanan. Cara kedua yaitu dengan naik bis. Dari vivocity, keluar melalui pintu yang menghadap jalan raya carilah halte bis RWS8  mengikuti papan petunjuk Bus to Resort World Sentosa.

Akses ke Sentosa Island berikutnya adalah dengan menggunakan monorail. Anda harus naik ke lantai 3 Vivocity mall dari Exit E. Kemudian membeli tiket Sentosa Express seharga SGD 4$. Monorail adalah alat transportasi yang paling banyak digunakan wisatawan karena paling cepat dan mudah. Cara keempat yaitu dengan menggunakan cable car.

Cable car merupakan alat transportasi pertama menuju pulau Sentosa. Tarif untuk dewasa adalah SGD 29$. Sedangkan tarif untuk anak di usia 3 hingga 12 tahun adalah SGD 18$. Namun khusus untuk anak berusia di bawah 3 tahun tiketnya gratis. Tarif ini untuk perjalanan bolak-balik.

Obyek Wisata Terbaik di Sentosa Island

Ada 4 kategori obyek wisata di pulau Sentosa yaitu, Imbiah Lookout ada tepat di pusat pulau sentosa, Siloso Point, kawasan pantai, dan Resort Wold Sentosa. Anda bisa dengan mudah membuat rencana rute wisata sesuai dengan budget dan waktu yang ada, sehingga berwisata menjadi semakin menyenangkan dan berkesan.

Bagi yang pertama kali berwisata di Singapura sangat disarankan mengunjungi Imbiah Lookout. Beberapa destinasi menarik yang bisa dikunjungi adalah Madam tussauds, Images of Singapore, Taman Kupu-kupu dan Kerajaan Serangga, Sentosa 4D Adventureland, Sentosa CineBlast, Mega Adventure park, Sentosa Luge and skyride, dan The Flying Trapeze

Kawasan berikutnya adalah Kawasan Siloso Point yang merupakan pantai buatan. Menjadi alternative bagi yang ingin berwisata di Singapura tetapi bosan dengan keramaiannya. Kemudian ada juga kawasan pantai berpasir putih yang lembut dengan gelombang air yang tenang. Kawasan keempat adalah Resort World Singapore.

Obyek Wisata Gratis di Sentosa Island

Buat Anda yang baru pertama kali jalan-jalan di Singapura, tentunya harus jeli mengatur anggaran. Supaya cukup untuk keperluan jalan-jalan dan merasa tenang apabila terjadi hal-hal di luar ekspektasi. Tidak semua obyek wisata di pulau Sentosa berbayar. Ada juga beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi secara gratis untuk menghemat anggaran Anda.

  1. Siloso point adalah salah satu tempat wisata gratis di kawasan ini. Hamparan pantai buatan yang indah dan tenang bisa menjadi alternatif terbaik untuk meninggalkan jejak digital selama liburan. Anda bisa mencoba fasilitas voli pantai dan berjemur menikmati sore hari sambil menunggu sunset Anda bisa naik tram di halte.
  2. Merlion Park, patung 8,6 meter dan berat 70 ton ini sangat instagramable dan menjadi spot menarik untuk berfoto. Menghadap langsung ke Marina Bay tepat di depan Hotel fullerton, patung ikan berkepala singa ini sangat ikonik. Anda hanya perlu naik MRT jalur hijau kemudian turun di Raffles Place MRT Station.
  3. Marina Bay Sands, merupakan kompleks bisnis di Sentosa Island yang gratis. Terdapat mall, hotel dan casino yang sangat menawan dengan bangunan megah. Gedung unik menyerupai perahu dengan pilar 3 buah gedung ini menyajikan pertunjukan gratis bertajuk Wonderfull Light and Water Spectacular. Pertunjukan gratis ini bisa dinikmati selama 13 menit.
  4. Esplanade, yaitu gedung durian yang letaknya berseberangan dengan Merlion Park. Esplanade adalah pusat pertunjukan seni gratis yang menjadi kebanggaan warga Singapura. Ada perpustakaan lengkap di dalamnya. Anda hanya perlu berjalan melewati taman bougenville dari Merlion Park untuk bisa sampai di sini. Bisa berfoto-foto dan menikmati pertunjukan seni secara gratis.

Wisata Kuliner di Sentosa Island yang Harus Dicoba

Berwisata selain berfoto di tempat eksotis, tentunya kuliner juga menjadi satu hal yang wajib dicoba. Sekedar mengusir lapar dan haus, atau mencoba cita rasa baru di sebuah negara yang bisa jadi tidak bisa ditemui di negara asal. Beberapa tempat berikut ini bisa menjadi rekomendasi wisata kuliner disini, antara lain:

  1. Malaysian Food Street, di sini terdapat gerai makanan halal yang bisa dicoba, dengan harga yang terjangkau. Cari tempat makan dengan harga terjangkau lainnya? Anda bisa coba Le Bar, yang menyajikan banyak pilihan menu vegetarian atau Toast Box yang merupakan makanan cepat saji. Mau mencicipi hidangan lokal Anda bisa mencoba Singapore Food Republic, yang terletak di Resort World Sentosa.
  2. Adapun pilihan restoran mewah seperti Tangerine, dengan kisaran harga 99.000-676.000 rupiah, menyajikan menu makanan kontemporer dan fusion. Selain itu, beberapa restoran melayani reservasi secara online seperti Skirt, The Kitchen Table, dan Cassia Resturant. Sehingga hal ini mampu memanjakan para wisatawan yang ingin menikmati sajian kuliner khas Singapura.

Nah, itu tadi adalah serba-serbi dari pulau Sentosa sebagai tempat terbaik untuk menghabiskan waktu liburan panjang. Bagaimanapun juga, tempat wisata eksotis, atraksi menakjubkan, serta wisata kuliner yang memanjakan lidah tentunya akan menjadikan liburan semakin berkesan untuk Anda. Semuanya itu hanya akan ditemukan di Sentosa Island.