(021) 294-61-292 info@daftartour.com

Baru Pertama Kali Liburan Ke Luar Negeri? Ini Tipsnya!

Baru pertama kali ingin mencoba liburan ke luar negeri? Jangan takut! Karena ada banyak tips yang bisa dicoba untuk Anda jika ingin berlibur ke luar negeri. Karena meskipun kondisi finansial Anda sedang tidak memadahi dan membuat liburan menjadi tertunda, namun ternyata masih banyak cara untuk mengatasinya.

Sehingga Anda bisa tetap liburan mengelilingi kawasan Asia hingga Eropa. Bagaimana caranya? Diantaranya yaitu harus bisa mengelola keuangan yang baik. Salah satunya harus mau menabung dengan biaya admin kecil. Jika Anda kesulitan menabung karena boros, cobalah membuat rekening tabungan baru berbentuk auto debit. Sehingga saat gajian, perusahaan otomatis memotong gaji Anda.

Jadi jumlah gaji yang didapatkan tidak sama seperti semula. Namun pastikan bank pilihan Anda harus mengenakan biaya administrasi bulanan kecil. Jadi uang yang ditabung bisa kelihatan jumlahnya. Selain itu, cara lain agar hemat saat liburan ke luar negeri adalah mengajak orang lain. Ini cocok sekali jika Anda punya komunitas liburan.

Dengan menggunakan cara inilah Anda bisa tetap liburan dengan modal terbatas. Semakin banyak orang yang diajak untuk berlibur, jumlah pengeluaran bisa semakin kecil. Maka dari itulah, jika teman dan keluarga tidak ingin berangkat, cobalah bergabung komunitas backpacker. Sambil seru-seruan, cobalah tips hemat berikut ini saat liburan ke negara orang.

Tips Hemat saat Liburan Ke Luar Negeri

Salah satu cara hemat ketika berlibur ke luar negeri adalah berangkatlah di musim dingin. Jika destinasi liburan Anda memiliki 4 musim, maka waktu berangkat terbaik adalah di musim dingin. Karena saat musim dingin itu harga tiket pesawat dan penginapannya sangat murah. Bahkan Anda bisa menghemat hingga 50% daripada musim panas.

Musim dingin umumnya terjadi selama 2 hingga 3 bulan. Bila Anda ingin mencoba rasanya udara menusuk ke tulang rusuk, cobalah berkunjung pada bulan kedua musim dingin. Moment itulah waktu terbaik untuk berangkat berlibur ke negeri orang. Selain itu, cobalah lakukan beberapa tips berikut ini supaya bisa hemat:

  1. Jika ada poin dengan promonya yang menarik, maka tukarkan supaya liburan ke luar negeri menjadi lebih hemat. Jika Anda pengguna kartu kredit, kumpulkan poinnya lalu tukarkan dengan berbagai macam promo termasuk potongan harga tiket pesawat terbang. Selain itu Anda juga bisa mencoba promo diskon potongan harga sewa hotel.
  2. Jangan malu untuk berburu fasilitas gratis, seperti pengisian air dan wifi. Dengan menggunakan fasilitas gratis inilah pengeluaran selama di luar negeri bisa berkurang dari 20% hingga 30%. Jadi, jika seharusnya pengeluarannya adalah 20 juta rupiah bisa dipangkas menjadi Rp 15.000.000, – saja. Lumayan hemat 5 jutaan kan?
  3. Jangan lupa untuk menetapkan budget ketika akan berlibur ke luar negeri. Tentukan berapa budget yang terbesar dikeluarkan setiap hari selama berada disana. Misalnya saja jika sudah menetapkan Rp 200.000, – per hari, maka jangan memakai uang hingga lebih dari itu saat berlibur kesana. Sehingga pengeluaran bisa lebih hemat.

3 Barang yang Wajib Dibawa saat Liburan ke Luar Negeri

Siapa sih yang tidak bahagia bisa berlibur ke luar negeri? Semangat sih pasti, tapi jangan lupa juga bila ada beberapa barang penting yang harus dibawa ketika berlibur ke luar negeri. Jangan sampai barang yang dibawa justru menyebabkan masalah dalam kenyamanannya. Maka dari itulah wajib bawa barang ini saat berlibur kesana:

  1. Sebelum membeli tiket pesawat yang murah untuk berlibur ke luar negeri, maka persiapkan dulu paspornya. Karena Anda akan kesulitan mengurus tiket pesawat bila tidak punya paspor aktif dulu. Maka dari itulah, sebelum membayar tiket pesawat, persiapkan dulu paspornya agar semuanya berjalan lancar saat berlibur ke luar negeri.
  2. Uang dan kartu Kredit. Dimanapun tempatnya uang dan kartu kredit adalah hal penting supaya bisa bertahan hidup ketika liburan ke luar negeri. Meskipun hanya memiliki mata uang lokal terbatas, tetap bawalah rupiah. Selain itu, bawalah kartu kredit karena siapa tahu biaya hidup disana ternyata diluar dari budget yang disiapkan.
  3. Obat-obatan dan Asuransi perjalanan. Ini tidak boleh diabaikan. Meskipun hanya berlibur sebentar saja, obat harus dibawa karena belum tentu disana ada yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi saat berlibur kesana. Supaya tidak rugi saat kehilangan barang atau sakit, persiapkan asuransinya.

3 Pantangan saat Liburan ke Luar Negeri

Sesuatu yang pertama kali pasti membuat perasaan menjadi berantakan, termasuk ketika akan berlibur ke luar negeri. Karena pengalamannya belum ada, sebaiknya jangan sampai hal ini menjadi masalah selama perjalanan berlangsung. Maka dari itu, perhatikan beberapa kesalahan umum berikut ini saat menjadi traveler pemula yang akan berlibur ke luar negeri:

  1. Membawa barang terlalu banyak adalah kesalahan terbesar saat berlibur ke negara orang. Karena khawatir bila sewaktu-waktu membutuhkan sesuatu, biasanya beberapa orang membawa semua barang-barang. Sehingga hal ini justru merepotkan karena ujung-ujungnya ternyata tidak terpakai saat berada disana. Maka dari itulah cukup bawa barang secukupnya saja jangan berlebihan.
  2. Agenda wisata berlebihan juga bisa menjadi masalah besar saat liburan ke luar negeri. Biasanya ini sering terjadi pada mereka yang menganggap bahwa mumpung berada di luar negeri, sehingga ingin menjelajahi semua tempat sekaligus dalam waktu singkat. Padahal, jika Anda tidak memanfaatkan kesempatan yang baik, Anda tidak bisa menikmati liburan.
  3. Tidak mencari tahu dulu soal normal dan budaya negara tujuan juga merupakan kesalahan besar. Ini adalah hal yang sangat penting sekali karena berbeda daerah pasti budaya dan kebijakannya tidak sama. Jangan sampai Anda melupakan peraturan dan larangan yang ditetapkan disana, karena hal ini bisa memicu terjadinya masalah saat liburan.

Destinasi Wisata Internasional Termurah Low Budget

Jika Anda ingin liburan tapi terbatas oleh dana, tidak ada salahnya mencoba berlibur ke Laos. Negara ini biaya hidupnya lebih rendah daripada negara yang ada di Asia Tenggara lainnya. Disinilah Anda hanya perlu membawa Rp 140.000, – per hari untuk membayar biaya penginapan dan makan 2x sehari.

Selain itu, Anda juga bisa berlibur ke negara India jika ingin hemat. Negara ini sangat ramah kantong. Biaya yang harus disiapkan setiap hari sebesar Rp 130.000, – saja. Itupun sudah termasuk biaya makan sebanyak 2x sehari, snack, dan penginapannya. Sehingga sangat murah dan tidak menguras kantong.

Anda juga bisa mengunjungi negara Irlandia, karena biaya akomodasinya semakin murah beberapa tahun terakhir ini. Bahkan hanya dengan Rp 90.000, – saja per hari Anda sudah bisa membayar biaya penginapan hostelnya. Namun biaya makannya sedikit mahal, jadi pintarlah dalam memilih makanan murah supaya bisa liburan ke luar negeri lebih hemat.