(021) 294-61-292 info@daftartour.com

Berwisata di Pulau Koh Samui, Pulau Unik Thailand yang Wajib Dikunjungi

Apabila Anda berniat untuk pergi ke Thailand, pastikan untuk menyempatkan diri Berwisata di Pulau Koh Samui. Pulau Koh Samui sendiri merupakan pulau terbesar kedua di Thailand setelah Pulau Phuket. Meskipun begitu, pulau yang terletak di Thailand bagian selatan tepatnya di Provinsi Surat Thani ini belum terlalu terkenal di kalangan wisatawan Indonesia jika dibandingkan dengan Pulau Phuket dan Pulau Krabi.

Sebagai salah satu negara yang paling banyak dikunjungi oleh turis di dunia, Thailand terkenal dengan destinasi pantainya yang populer. Salah satu yang paling terkenal berada di Phuket. Saking terkenalnya pantai-pantai di Phuket pun tidak pernah sepi pengunjung alias selalu ramai. Jadi, jika Anda mencari pantai yang tidak terlalu ramai di Thailand, maka cobalah bermain ke Pulau Koh Samui.

Fakta Unik Pulau Koh Samui

Pulau Koh Samui merupakan lokasi liburan tropis yang terletak di teluk Thailand. Pulau Koh Samui sendiri menawarkan berbagai karakteristik dan keunggulan dibandingkan pantai-pantai lain di Thailand. Berikut ini merupakan fakta unik yang harus Anda ketahui sebelum Berwisata di Pulau Koh Samui :

  1. Pulau Koh Samui adalah Pulau Terbesar Kedua di Thailand. Setelah Phuket, ternyata Pulau Koh Samui menduduki posisi kedua terbesar dalam hal ukuran dan diikuti oleh Koh Chang di provinsi Trat sebagai posisi ketiga.
  2. Dikelilingi oleh Taman Laut Nasional . Anda tidak akan kesulitan dalam mendatangi tempat wisata ini karena lokasinya cukup strategis. Terelbih dengan Taman Laut nasional Angthong dan pulau sekitar yang mengelilinginya.
  1. Penghasil Kelapa

Sebelum industri pariwisata masuk, Pulau Koh Samui sangat bergantung pada perikanan dan perkebunan kelapa. Pulau ini dulunya mendapat julukan Pulau Kelapa dan Monyet. Walaupun sekarang pengunjung masih bisa melihat pohon kelapa di bukit, tidak banyak wilayah budidaya kelapa yang tersisa di pulau ini.

Transportasi ke Pulau Koh Samui

Apa sekarang Anda sudah penasaran dan ingin buru-buru Berwisata di Pulau Koh Samui? Sebelum itu, Anda perlu menentukan bagaimana Anda pergi ke sana dan transportasi apa yang bisa Anda gunakan. Berikut ini merupakan pilihan-pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan untuk pergi ke Pulau Koh Samui:

Pesawat

Ada beberapa maskapai yang menawarkan penerbangan langsung dari Bangkok ke Pulau Koh Samui, contohnya Bangkok Airways dan Thai Airways. Tentunya Anda akan merogoh kocek lebih dalam ketika memilih transportasi ini.

Kereta Api

Jika Andamemilih menggunakan kereta api, kalian akan berhenti terlebih dulu di Surat Thani. Perjalanan kemudian akan dilanjutkan dengan menggunakan minivan atau bus dan kapal Ferry. Andabisa memilih jam keberangkatan sesuai dengan kebutuhan. Kereta dengan jam keberangkatan malam merupakan kereta yang paling banyak dipilih, karena Andabisa menghemat biaya penginapan.

Di sini Andabisa memilih sleeper train atau seat train. Kalian bisa membeli tiket langsung di Stasiun Hua Lamphong Bangkok yang merupakan stasiun keberangkatan Anda ataupun melalui situs online yang telah disediakan oleh pemerintah Thailand.

Bus atau Minivan

Transportasi ini merupakan transportasi yang paling populer di kalangan traveler berbudget rendah. Selain harganya yang murah, bus yang digunakan merupakan bus tingkat dengan beberapa fasilitas hiburan.

Dengan merogoh kocek sebesar 600 Baht/orang atau Rp 240 ribu, Anda tidak hanya menambatkan sarana transportasi bus tingkat melainkan juga kapal ferry dari Donsak Pier (Surat Thani) ke Nathon Pier (Pulau Koh Samui). Total waktu untuk melakukan perjalanan dari Bangkok ke Pulau Koh Samui adalah 15 jam.

8 Objek Wisata Paling Menarik di Pulau Koh Samui

Berwisata di Pulau Koh Samui tentu saja tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi kedelapan objek wisatanya. Berikut ini delapan objek wisata paling menarik di Pulau Koh Samui:

  1. Fisherman’s Village Night Market (Bophut) Pasar malam ini sangat meriah, terutama di hari Jumat. Di sini Anda bisa bersantai di tepi pantai, mencoba makanan khas Thailand atau citarasa dari berbagai negara, bahkan berdansa.
  1. Wat Plai Laem adalah kompleks kuil Buddha tidak jauh dari Big Buddha, yang juga memiliki rupang Dewi Kuan Im sang Dewi Welas Asih. Kuil ini dikelilingi oleh danau, yang penuh dengan ikan. Pengunjung yang memberikan sumbangan ke kuil diberi sekantong makanan untuk memberi makan ikan.
  1. Mu Ko Angthong Marine Park adalah cagar alam kepulauan yang terdiri dari 42 pulau di Teluk Thailand. Anda dapat menjelajahi bukit-bukit kapur, hutan, pantai berpasir putih, air terjun serta danau dan teluk-teluk yang masih tersembunyi. Anda dapat mengunjungi beberapa pulau dengan perahu sewaan dari Koh Samui atau Ko Phang Ngan. Snorkeling, hiking, atau sekedar bersantai merupakan kegiatan utama di Ang Thong. Bagi yang ingin menginap, ada bungalow sederhana dan tenda kemah yang tersedia di Koh Wua Ta Lap.
  1. Hat Lamai merupakan pantai populer yang wajib dikunjungi saat Berwisata di Pulau Koh Samui, dengan pantai berpasir putih yang halus, menghampar melingkar. Tidak jauh dari sana terdapat Hin Ta – Hin Yai yang merupakan salah satu formasi batuan yang paling unik di dunia. Waktu terbaik mengunjungi Hat Lamai adalah Desember hingga April.
  1. Namtok Na Mueang Selain pantai dan laut, masih ada atraksi menarik seperti air terjun Na Mueang 1 dan Na Mueang 2. Na Mueang 1 relatif lebih populer karena mudah diakses dan memiliki kolam besar untuk berenang dan cocok untuk keluarga dan anak-anak karena bisa berenang, piknik, dan lengkap dengan gerai makanan dan suvenir. Sementara itu, Na Mueang 2 terkenal sebagai air terjun tertinggi di Koh Samui, dan hanya bisa dicapai dengan berjalan mendaki selama 30 menit. Selain air terjun, di sini juga terdapat Na Mueang Safari Park yang berisi gajah, macan, dan buaya.
  1. Wat Khun Aram Dikenal sebagai vihara biksu yang dimumifikasi, Wat Khun Aram adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Koh Samui, karena seorang biksu yang sangat dihormati. Dalam minggu sebelum wafatnya, Loung Pordang, 79 tahun, berhenti makan dan bicara, dan duduk bermeditasi yang dalam. Setelah ia meninggal dunia, tubuhnya secara misterius tidak membusuk dan ia menjadi terkenal sebagai Biksu yang dimumifikasi (Mummified Monk). Mummy dalam posisi meditasi ini masih bisa disaksikan dan disimpan dalam kotak kaca.
  1. The Magic Garden Sebuah tempat tersembunyi yang akan anda temukan di Pulau Koh Samui yang ajaib, taman patung yang indah dan mengusik fantasi ini terletak di sebuah bukit antara Na Mueang dan Lipa Noi. Dibangun oleh seorang seniman berusia 76 tahun, Nim Thongsuk. Nim adalah seorang penyendiri yang lebih senang dikelilingi alam daripada manusia. Selama bertahun-tahun ia mengukir berbagai patung, satwa, pemain musik tradisional Thailand, dan bahkan patung dirinya sendiri.
  1. Taling Ngam Sebuah pantai tenang dan merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam ke peraduan, di antara Ko Si dan Ko Ha.

Setelah membaca artikel ini, mudah-mudahan Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai Pulau Koh Samui serta menambah wawasan Anda. Jadi, tunggu apalagi? Segera Berwisata di Pulau Koh Samui.