(021) 294-61-292 info@daftartour.com

Petualangan Ke Danau Tiga Warna Kelimutu

Nusa Tenggara Timur menyimpan banyak keindahan alam yang menakjubkan. Banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara, yang tertarik berkunjung menikmati panorama alam di Provinsi sebelah timur Indonesia ini. Salah Satu Objek wisata yang menjadi daya tarik wisatawan adalah kawasaan wisata alam yang berdada di sekitar puncak Gunung Kelimutu, yaitu Danau Tiga Warna Kelimutu.

Lokasi Danau Tiga Warna

Danau Tiga Warna Kelimutu berada pada ketinggian 1.631 meter dari permukaan laut. Kelimutu sendiri berasal dari kata “Keli” yang berarti Gunung dan kata “Mutu” yang berarti mendidih. Danau kawah ini disebut tiga warna karena airnya memiliki tiga warna berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Warna danau akan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Hal inilah yang menjadi magnet para wisatawan untuk menikmati masa liburannya.

Wisata alam Danau Tiga Warna Kelimutu tepatnya berlokasi di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Kepercayaan masyarakat sekitar menyatakan bahwa setiap warna pada air danau menyimpan kekuatan alam luar biasa, serta makna gaib yang diyakini masyarakat setempat sebagai wujud mistis  danau ini.

Akses Menuju Danau Kelimutu

Untuk bisa menikmati keindahan alam danau dan pemandangan sekitarnya, Anda bisa langsung menuju ke lokasi ini dengan kendaraan pribadi atau umum. Jika  dari luar daerah, Anda bisa naik pesawat dengan tujuan kota Ende selama 40 menit perjalanan. Kemudian naik minibus ke arah Desa Kanora sekitar 3 jam. Barulah perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Danau Tiga Warna Kelimutu dengan estimasi waktu tempuh sekitar 2,5 jam.

baca juga :

Perjalanan menuju kawah danau berwarna ini bisa dikatakan cukup melelahkan, dan butuh stamina prima agar Anda bisa menyusuri setiap petualangan, di Danau Tiga Warna Kelimutu yang menakjubkan. Namun rasa lelah yang menguasai Anda akan segera terbayar lunas, dengan menyaksikan langsung keindahan alam yang terhampar luas di depan mata, yaitu sajian panorama ciptaan Tuhan, kawah Danau Tiga Warna Kelimutu.

Makna Warna Air Danau Kelimutu

Masing-masing warna mewakili makna tersendiri. Warna biru atau yang disebut masyarakat Tiwu Nuwa Muri koo Fai merupakan representasi dari tempat berkumpulnya jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Warna merah atau Tiwu Ata Polo merupakan tempat berkumpulnya orang yang telah meninggal, dimana semasa hidup kerap melakukan kejahatan atau tenung. Dan warna putih atau Tiwu Ata Mbupu adalah tempat dimana jiwa orang tua berkumpul.

Keunggulan Wisata Danau Tiga Warna

Selain menawarkan keindahan warna airnya, Danau Tiga Warna Kelimutu juga memiliki pesona keindahan alam lainnya, seperti flora dan fauna yang akan membuat petualangan Anda di danau ini terasa semakin lengkap. Aneka tumbuhan dan tanaman yang hidup dan menghiasi area sekitar Gunung Kelimutu merupakan tanaman yang jarang ditemui di daerah Flores dan sekitarnya. Sebut saja: bunga edelweis, kayu merah, cemara, dan pohon pinus.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Anda tak perlu khawatir jika ingin melepas lelah di sini. Karena telah tersedia shelter untuk berteduh, lahan parkir luas, toilet, restoran, dan losmen-losmen jika Anda ingin menginap.

harga tiket Danau Kelimutu

Biaya masuk yang perlu Anda keluarkan untuk dapat merasakan petualangan alam di Danau Tiga Warna Kelimutu hanya sebesar Rp2.000. Anda akan menemui jalan masuk berupa anak tangga dan bebatuan saat mendakai ke Gunung Kelimutu. Anda harus benar-benar memperhatikan setiap langkah kaki karena ada beberapa bebatuan yang mungkin saja akan menghambat misi petualangan Anda di sini.

Selain itu selama berkeliling Danau Tiga Warna Kelimutu, hendaknya Anda mampu bersikap ramah dan baik pada alam. Jaga ucapan dan jangan membuang sesuatu di sembarang tempat. Terlebih di daerah ini juga telah tersedia tempat pembuangan sampah yang dianjurkan. Tertarik? Rencanakan liburan anda sekarang juga ke Danau Tiga warna Kelimutu.